Ratusan Warga Ngembe Antusias Terima Sertifikat Tanah Gratis

605

Beji (WartaBromo.com) – Program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di Kabupaten Pasuruan disambut antusias oleh warga. Salah satunya warga di Desa Ngembe, Kecamatan Beji.

Pada Rabu (20/07/2022) pagi, ratusan warga berkumpul di pendopo Balai Desa Ngembe untuk menerima sertifikat tanah mereka.

Ketua Pokmas PTSL Desa Ngembe, Ahmad Handoko mengungkapkan, proses PTSL di desanya sudah berjalan sejak bulan November tahun 2021 kemarin.

Berdasar catatan, di Desa Ngembe ada 2.436 bidang tanah warga yang belum memiliki sertifikat. Seiring berjalannya program, dari 2.436 bidang tanah tersebut, sebanyak 1.950 bidang tanah telah didaftarkan atau telah mencapai 80 persen.

Handoko menyebut, capaian 80 persen tersebut sudah sangat baik. Capaian ini tidak terlepas dari sosialisasi pokmas yang cukup masif kepada masyarakat.

Baca Juga :   Hati-hati! Ini Waktu dan Tempat Rawan Pencurian di Kota Pasuruan

“Alhamdulillah di Ngembe hari ini 200 sertifikat dibagikan. Ini perdana di seluruh Kabupaten Pasuruan untuk tahun 2022,” kata Handoko.

Menurutnya, masyarakat sangat perlu mengikuti program ini. Selain karena prosesnya tidak dipungut biaya, kepastian hukum atas tanah yang dimiliki masyarakat sangat penting.

Sementara itu Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Pasuruan, Sulam Samsul menambahkan, antusiasme warga Desa Ngembe terhadap program PTSL cukup bagus.

Ia menyebut sertifikat yang didapat masyarakat melalui program PTSL maupun melalui pengurusan secara mandiri sama saja. Keduanya memiliki kekuatan hukum yang sama.

“Antusiasme warga sangat bagus. Harapan saya seluruh warga Kabupaten Pasuruan punya antusias yang sama terhadap program ini,” kata Sulam. (tof/**)