Stop! Jangan Makan Bakso Setiap Hari Jika Tak Ingin Terserang Berbagai Penyakit

5897

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bagi pecinta bakso, sebaiknya mulai sekarang stop konsumsi bakso setiap hari. Pasalnya, jika terlalu sering mengkonsumsinya, tubuh rawan terserang berbagai penyakit.

Dilansir dari tribunnews.com, ahli kesehatan dr Zaidul Akbar mengatakan, mengonsumsi bakso sebenarnya boleh-boleh saja. Tetapi sebaiknya jangan dikonsumsi terlalu sering, dikarenakan bisa menimbulkan sejumlah risiko kesehatan.

“Dia nggak sadar jika dia rutinkan kayak begitu terus menerus susah punya keturunan nanti,” tegas dr Zaidul Akbar.

Tak cuma mempersulit keturunan, ada beberapa penyakit lain yang bisa ditimbul akibat terlalu sering makan bakso. Apa saja?

  • Menyebabkan gangguan sistem saraf pusat. Kebanyakan makan bakso dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem saraf pusat otak. Akibatnya cukup mengkhawatirkan bagi anak-anak karena mampu memicu keterbelakangan mental.
  • Menimbulkan gangguan usus. Masalah kesehatan lain yang muncul adalah memicu masalah pada usus. Zat kimia yang mungkin ditambahkan pada bakso memicu iritasi dan inflamasi (radang) pada dinding usus.
  • Sariawan. Konsumsi jangka panjang bakso dengan penambahan penyedap rasa dapat mengakibatkan iritasi pada gusi dan rongga mulut dalam.
  • Menimbulkan alergi pada kulit. Dalam hal ini, alergi yang timbul berupa bercak merah pada kulit yang terasa gatal. Jangat digaruk karena dapat berujung pada luka.
  • Menyebabkan diare. Kandungan zat kimia yang ditambahkan dalam bakso dapat menimbulkan gangguan pencernaan lainnya, yakni diare. Hal ini disebabkan terjadinya iritasi dan radang pada dinding usus.
  • Memicu kanker. Sebagian pedagang mungkin bertindak nakal dengan menambahkan boraks pada adonan bakso agar bakso lebih kenyal. Nah, hal inilah yang dikhawatirkan memicu kanker dalam tubuh.
Baca Juga :   Ada 3 Warga Positif Corona, Pemkab Lumajang Berlakukan Karantina Wilayah

Untuk itu, agar terhindar dari semua penyakit di atas, kalau Bolo ingin makan bakso, sebaiknya membuat sendiri di rumah. Kalau kesulitan membuatnya, maka bisa langsung beli adonan bakso di sini. (Trj)