Dampak Negatif Jaringan 5G Bagi Kehidupan, Kamu Harus Tahu!

4944
Dampak Negatif Jaringan 5G Bagi Kehidupan, Kamu Harus Tahu!

Pasuruan (WartaBromo.com) – Jaringan 5G alias generasi kelima sudah mulai beroperasi di beberapa wilayah. Di balik kemudahan yang dibawa, ternyata jaringan 5G juga punya dampak negatif lhp.

Dampak negatif jaringan 5G ini memang masih menuai pro dan kontra. Namun, beberapa pihak salah satunya World Health Organization (WHO), mengkhawatirkan bilamana dampak mungkin terjadi.

Berikut dampak negatif jaringan 5G yang dikhawatirkan dilansir dari berbagai sumber:

1. Meningkatkan Risiko Kanker

Menurut WHO, radiasi RF atau radio waves yang dipancarkan oleh transmitter 5G bermuatan 24-90 GHz bisa memicu penyebab kanker.

Frekuensi tersebut juga mendekati frekuensi senjata militer AS yang berkekuatan 95 GHz. Senjata militer seperti itu dapat membuat kulit manusia panas bahkan dari jarak jauh.

2. Mengacaukan Sistem Komunikasi Penerbangan

Bagi yang sering bepergian menggunakan pesawat, sebaiknya pikir-pikir lagi sebelum menggunakan jaringan 5G.

Pasalnya, Dirección General de Aeronáutica Civil (DGAC), otoritas penerbangan sipil Perancis telah melarang penggunaan perangkat dengan jaringan 5G di dalam pesawat.

Hal ini karena 5G dapat memblokir data dari altimeter sehingga pilot akan kesulitan mengetahui berapa ketinggian pesawat.

3. Menimbulkan Risiko Mengganggu Metabolisme Tubuh

Masalah radiasi yang mengganggu kesehatan sebenarnya bukan masalah baru. Hanya saja pancaran RF yang kuat dari radiasi 5G menyebabkan efek yang lebih banyak.

Adapun salah satunya adalah mengganggu metabolisme tubuh. Bahaya radiasi sinyal 5G ini dapat menyebabkan kerusakan jaringan tubuh, mempercepat penuaan dini hingga berpotensi menyebabkan kerusakan otak.

Terlepas dari pro kontra tentang dampak positif dan negatif jaringan 5G, kemajuan teknologi ini diharapkan bisa membantu kehidupan menjadi lebih maju. Jadi, semua pilihan ada di tangan kamu ya! (trj/may)