Gejala Cacar Monyet yang Harus Diwaspadai!

149
Gejala Umum Cacar Monyet yang Harus Diwaspadai!

Pasuruan (WartaBromo.com) – Cacar monyet terkonfirmasi masuk di Indonesia pada Jumat (19/08/2022) lalu. Maka dari itu, penting untuk mengetahui gejala dan ciri-ciri monkeypox.

Melansir dari laman upk.kemkes.go.id, juru bicara (jubir) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengonfirmasi masuknya penyakit ini melalui konferensi pers.

“Hari ini pasiennya ada satu yang terkonfirmasi dari DKI Jakarta, laki-laki. Dapat laporan pemeriksaan PCR tadi malam,” terang Mohammad Syahril, Sabtu (20/8/2022) lalu.

Mengetahui hal ini, tentu setiap individu harus mulai menjaga diri dari serangan wabah. Berikut gejala umum cacar monyet yang menyerang manusia:

1. Demam

Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) menyebut, demam adalah gejala awal cacar monyet.

Baca Juga :   Rawon Nguling Lockdown, Karyawan Di-swab

Gejala ini muncul sejak penderita terpapar virus penyebab monkeypox sampai sekitar lima hari. Demam yang dirasa pun tak seperti demam biasa.

2. Sakit Kepala Akut

Beriringan dengan demam, penderita monkeypox juga akan merasakan sakit kepala akut. Rasa sakit kepala ini disertai dengan mata panas dan rasa sulit tidur.

3. Kelenjar Getah Bening Bengkak

Adapun yang membedakan penyakit ini dengan cacar air biasa adalah pembengkakan getah bening. Kelenjar getah bening yang bengkak ini dapat terasa di ketiak, leher hingga selangkangan.

Bila sudah muncul gejala ini, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Dan, jangan menekan bagian yang bengkak, sebaiknya kompres dengan air hangat.

Baca Juga :   Pekan Ini, Ribuan Nakes di Probolinggo Siap Vaksin Ketiga

Sebagai informasi, cacar monyet adalah penyakit zoonosis, yang berarti menular dari hewan ke manusia. Masa inkubasi cacar monyet biasanya berkisar dari 6 hingga 13 hari. Namun ada pula yang masa inkubasinya 5 hingga 21 hari. (trj/may)