Telkom Tegaskan Tidak Ada Kebocoran Data Pelanggan

188
Telkom Tegaskan Tidak Ada Kebocoran Data Pelanggan

Pasuruan (WartaBromo.com) – PT Telkom Indonesia menepis adanya kabar yang menyebut data pelanggan IndiHome bocor. Telkom menegaskan, kabar kebocoran data pelanggan itu tidak benar.

Hal tersebut disampaikan oleh SVO Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza, dalam press release-nya.

Ahmad Reza mengungkapkan, usai beredar kabar kebocoran data pelanggan tersebut, pihaknya langsung melalukan penelusuran dan investigasi secara menyeluruh.

“Kami meyakini dan memastikan bahwa tidak ada kebocoran data pelanggan di sistem kami,” jelas Ahmad Reza.

Telkom memastikan, semua data pelanggan disimpan di dalam sistem keamanan siber yang terintegrasi dan dikelola berdasarkan peraturan serta perundang-undangan yang berlaku.

Tak hanya itu, Ahmad Reza melanjutkan, Telkom sangat mematuhi etika bisnis, compliance, dan tata kelola perusahaan sesuai peraturan yang berlaku. Ke depan, Telkom berkomitmen untuk terus meningkatkan pengamanan data pelanggannya.

“Tidak ada niat Telkom untuk memata-matai atau mengambil manfaat dari data historis maupun data pribadi pelanggan,”

VP Network/IT Strategy, Technology & Architecture Telkom, Rizal Akbar menambahkan, data yang sempat beredar di publik disebut mencantum nomor IndiHome yang tidak valid.

Terkait data browsing history, Telkom menyimpan data tiga bulan terakhir sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku yakni UU Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi dan PP Nomor 52 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Komunikasi. (tof/**)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.