Blusukan ke Desa di Pasuruan, Ketua Gerindra Jatim: Kita Melawan Stunting

191

Rembang (wartabromo.com) – Wakil Ketua DPRD Propinsi sekaligus Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur, Anwar Sadad berkunjung ke Desa Genengwaru Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan Jawa Timur, Rabu (7/9/2022) siang.

Kedatangan politisi Gerindra tersebut untuk memberikan dukungan kepada Desa Genengwaru agar terus meminimalisir masalah stunting di daerahnya.

Menurutnya, masalah stunting adalah tanggungjawab bersama yang membutuhkan kepedulian semua pihak. Logikanya, jika pertumbuhan anak terganggu maka otomatis daya kembang pikir dan mental akan terhambat juga.

“Kita berharap, anak kita tumbuh memiliki daya pikir yang baik. Makanya jangan patah semangat, kita harus melawan stunting, ” ucap Sadad dihadapan warga Desa Genengwaru.

Berdasarkan data yang ia terima, pada tahun 2019 tercatat 44,6 % atau hampir separuh anak-anak Kabupaten Pasuruan mengalami perlambatan tumbuh-kembang anak. Hal inilah yang memaksa dirinya untuk turut terlibat langsung dalam persoalan tumbuh kembang anak tersebut.

Baca Juga :   Dari Pantauan Gizi, ada 33,4% Bayi di Kota Pasuruan Terdeteksi Stunting

“Saya datang ke sini mungkin tidak menyelesaikan masalah, tapi bisa membantu dan terlibat langsung untuk ikut menanggulangi stunting, ” ujar Sadad.

Menanggapi hal ini Sholehuddin, Kepala Desa setempat, mengaku berterima kasih atas dukungan semua pihak selama ini, dirinya bersyukur selama kurung waktu dua tahun terakhir angka stunting di desanya terus menurun.
“Laporan stunting di Desa Genengwaru pada tahun 2020 terdapat 40 anak, 2021 sebanyak 28 anak, dan sekarang sudah tersisa belasan anak, ” terangnya.

Untuk diketahui Desa Genengwaru Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan mendapatkan perhatian khusus terkait persoalan stunting. Pasalnya, Desa tersebut ditetapkan sebagai locus stunting di Kabupaten Pasuruan.

“Persoalannya kadang banyak orangtua yang malu jika anaknya dikatakan stunting, syukurnya ada support dari para pihak, termasuk Pak Anwar, Ini akan berdampak kepada orangtua, ” kata Bidan Desa Genengwaru, Tanti. (yog/yog)