Obat Panas Alami yang Bisa Ditemukan dengan Mudah

205

Pasuruan (WartaBromo.com) – Selama ini, ketika tubuh merasa panas, kebanyakan orang pasti langsung mengkonsumi obat dokter. Padahal, ada banyak obat panas alami yang bisa didapatkan dengan mudah.

Panas dalam sendiri sebenarnya bukanlah suatu penyakit. Hanya saja, suatu kumpulan gejala yang ditandai dengan sakit tenggorokan, sariawan, bibir pecah-pecah, hingga asam lambung.

Lantas, apa saja obat panas alami yang bisa ditemukan di rumah? Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Air Garam

Tak melulu untuk meredakan sakit gigi, air garam juga bisa dijadikan sebagai obat panas alami. Cara menggunakannya hanya dengan berkumur.

Garam membantu mengikat cairan yang terkumpul di tenggorokan. Tak hanya itu, air garam juga membantu membasmi mikroba tak diharapkan di tenggorokan.

Baca Juga :   Penjual Jamu Gendong Laris Manis Saat Pandemi Covid-19

2. Jahe

Jahe adalah rempah-rempah yang mengandung antibakteri dan antiperadangan. Bolo bisa memanfaatkannya sebagai obat panas dalam herbal.

Sebuah penelitian menemukan, ekstrak jahe yang dioleskan ke area tenggorokan dapat membunuh beberapa bakteri penyebab penyakit. Coba buat air jahe, yaitu merebusnya dengan air panas.

3. Cincau

Siapa yang suka mengkonsumsi cincau? Nah, selain rasanya yang enak, cincau ternyata bisa dijadikan sebagai obat panas alami.

Cincau mengandung sumber vitamin dan mineral yang memenuhi kebutuhan kalori harian. Selain itu ada juga kandungan antioksidan yang dapat melawan bakteri penyebab infeksi. (trj)