Tak Cuma Mitos Seret Jodoh, Ternyata Ini 3 Penyebab Makan di Kamar Dilarang

179

Pasuruan (WartaBromo.com) – Beberapa orang ternyata masih banyak yang suka makan di kamar tidur. Ternyata, kebiasaan makan yang seperti ini berkaitan menimbulkan mitos.

Sejak jaman dahulu, para orang tua melarang anak-anaknya makan di tempat tidur. Khususnya bagi yang masih perawan atau perjaka.

Dilansir dari berbagai sumber, konon kebiasaan makan di tempat tidur dikaitkan dengan sifat jodoh kelak. Yakni, jodoh yang datang punya sifat pemalas.

Meski tak ada penelitian khusus, mitos ini ternyata masih kental dipercaya hingga sekarang. Sehingga, tak jarang anak-anak yang belum menikah benar-benar takut melakukan hal tersebut.

Meski begitu, sebenarnya ada alasan lain yang meguatkan larangan makan di kamar tidur. Diantaranya:

1. Mengundang Hewan Pengerat

Makan di tempat tidur sering kali mengundang hewan pengerat. Remahan makanan apa pun yang terjatuh di tempat tidur atau lantai kamar tidur bisa menjadi santapan lezat bagi tikus.

Tak cuma tikus, semut dan kecoa pun suka bersarang di tempat yang beraroma menyengat dan terdapat sisa makanan. Tentunya, tidur jadi tak nyaman jika diganggu dengan hewan-hewan tersebut.

2. Melanggar Etika

Hidup di Indonesia tentu tak luput dari norma dan etika, pun saat makan. Bila di rumah terdapat ruangan khusus makan, maka tindakan makan di tempat lain sangat dilarang.

Memang tidak ada aturan tegas yang mengharuskan seseorang makan di ruang makan. Hanya saja, ini sebagai bentuk ketertiban dan kedisiplinan seseorang.

3. Membuat Kamar Berbau

Saat seseorang makan di tempat tidur, tentu makanan akan mengeluarkan aroma di dalam kamar tidur. Bayangkan bila mengonsumsi makanan yang berbau tak sedap, pasti baunya sulit hilang dari kamar.

Mengingat kamar tidur digunakan untuk beristirahat, maka hindari mengkonsumsi apapun di kamar tidur. Gunakan juga pengharum ruangan agar tidur jadi nyaman. (trj)