Tingkatkan Edukasi Stunting, Danone Indonesia Gandeng AMSI Gelar Cyber Media Forum

68

Pasuruan (WartaBromo.com) – Masalah kesehatan di Indonesia masih jadi PR serius bagi berbagai pihak. Khususnya masalah kesehatan ibu dan bayi, seperti stunting.

Diketahui, prevalansi stunting pada anak di Indonesia masih cukup tinggi. Sehingga, berbagai masalah kesehatan lain pun rentan menyerang, diantaranya gangguan kognitif hingga penurunan IQ.

Menilik dari hal tersebut, Danone Indonesia dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) pun menggelar workshop Cyber Media Forum. Acara ini digelar secara virtual, pada Kamis (29/9/2022) lalu.

Dr. Ray Wagiu Basrowi dihadirkan sebagai narasumber. Ia menjelaskan, stunting merupakan masalah yang kompleks di Indonesia.

“Perlu diperhatikan, kekurangan gizi tidak hanya berdampak pada penurunan berat badan tetapi berkurangnya asupan energi ke otak,” jelas Ray.

Baca Juga :   Warga Disebut Lebih Percaya Ningsih Tinampi Timbang Dokter, Dinkes : Tidak Benar

Ia menambahkan, sebenarnya kasus stunting di Indonesia bisa dicegah sedini mungkin. Namun, para orang tua harus memperhatikan beberapa hal penting terkait sumber penyebab stunting.

“Aspek penting tersebut diantaranya mengecek status kesehatan selama masa kehamilan, pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang berkualitas pada anak, kemudian memperhatikan sumber protein terutama protein hewani yang mengandung asam amino,” tutur Ray.

Tak hanya itu, masih banyak aspek lain yang turut bisa jadi perhatian. Misalnya, menjaga kebersihan secara menyeluruh, pemenuhan hidrasi yang cukup serta pemantauan tumbuh kembang anak secara teratur.

Senada dengan Ray, pada kesempatan yang sama Adi Prasetya, Direktur Eksekutif AMSI mengatakan, stunting juga menjadi bagian penting yang harus diperhatikan di era permasalahan kesehatan nasional.

Baca Juga :   Izin Penggunaan Darurat Terbit, Lansia Bisa Divaksin Covid-19 Mulai Hari Ini

Sehingga, sangat penting antar pihak saling dukung. Mulai intansi pemeritahan, kesehatan, dan publik. Bahkan, para pengelola media pun turut berperan penting.

“Sebagai insan pers yang menjalankan perannya sebagai sumber penyedia informasi diharapkan dapat mengangkat berita tentang isu kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat,” pungkasnya.

Sekadar informasi, Program Cyber Media Forum ini diikuti sebanyak 40 media siber anggota AMSI. Diantaranya Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur.

Ada pula Bali, Sumatera Barat, Lampung, Medan, Manado, Makassar, Kalimantan dan Papua. (trj)