Ledakan di Rumah Warga Saat Maulid, Polisi : Bukan Peledak, Benda Aneh

209
Plafon rumah Dewi yang berlubang usai terkena ledakan.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebuah ledakan terjadi di salah satu rumah warga di Kelurahan Ngemplakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan beberapa waktu yang lalu. Namun, polisi menduga jika ledakan tersebut bukan berasal dari bahan peledak.

Kompol Endy Purwanto, Kapolsek Purworejo mengatakan, pihaknya sudah mengamankan sebuah benda yang diduga telah meledak di salah satu rumah warga. Adapun benda itu yakni sebuah selongsong almunium diameter 3 centimeter yang sudah robek dengan didalamnya berisi per dan benang.

“Iya sudah kami amankan, belum pernah melihat barang itu,” kata Endy saat dikonfirmasi, Senin (10/9/2022).

Menurutnya, dari benda yang diamankan tidak ada unsur dari bahan peledak. Namun, pihaknya menduga jika benda itu adalah salah satu serpihan balon udara yang dibuat oleh warga.

“Itu bukan bahan peledak, tidak ada unsur kesitu. Ada sumbunya, jadi seperti balon udara,” jelasnya.

Saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan siapa yang membuat benda itu. Ia juga menghimbau agar warga tak membuat benda serupa, karena bisa membahayakan warga.

“Rawan, selain bisa mengganggu penerbangan juga rawan terbakar jika turun,” ujarnya.

Seperti diketahui, warga digegerkan dengan meledaknya petasan besar di teras rumah pada Jumat (7/10/2022) malam.

Di tengah perayaan malam Maulid Nabi Muhammad, rumah Dewi chumairoh (26) kaget dengan adanya sebuah benda aneh diduga mercon jatuh dan meledak menimpa rumahnya.

Dewi menjelaskan jika insiden terjadi ketika dia dan keluarganya tengah berkumpul di ruang tamu. Sementara si suami dan ayahnya pergi mengikuti perayaan Maulid Nabi Muhammad bersama warga kampung.

“Jatuh di atap rumah saya pas mauludan,
Benda itu jatuh beledos (meledak) mengeluarkan asap sama percikan api,” kata Dewi. (don/yog)