Arkeolog Belum Pastikan Candi di Sukoreno dari Kerajaan Majapahit atau Singasari

137
Warga menunjukkan bebatuan relief yang sudah berhasil diangkat petugas dari tanah.

Prigen (WartaBromo.com) – Warga di Dusun Candi, Desa Sukoreno, Kecamatan Prigen menemukan situs diduga candi di tempat pemakaman umum setempat. Dari temuan itu, tim arkeolog Jatim menyebut jika itu adalah benar candi dari relief.

Muhammad Andi Said, Arkeolog senior dari BPCB Jatim mengatakan, dugaan situs candi yang ditemukan warga tersebut adalah benar candi dari relief jama kuno. Namun, pihaknya masih akan terus melakukan penelitian atas penemuan candi itu.

“Sudah jelas ini candi dari beberapa batuan dan relief yang ada. Ini dipastikan candi,” kata Said, Selasa (1/11/2022).

Situs candi yang ditemukan adalah dengan panjang 5,6 meter, 1 meter dan kedalaman 1 meter.

Pihaknya masih akan membuktikan terkait temuan candi dari jaman Majapahit atau Singosari. Tim juga sudah mengamankan beberapa arca dan batu ukir, pembuktiannya dengan ekskavasi bisa mengeditivikasi ragam batu hiasnya.

Baca Juga :   Temukan Kepala Kala dan Candi Perwara, Ekskavasi Candi Keboireng Diperpanjang

“Hanya untuk membuktikan ini dari kerajaan apa masih perlu pembuktian lagi,” tuturnya.

Seperti diwartakan, sebuah bangunan situs candi ditemukan warga Dusun Candi, Desa Sukoreno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Penemuan itu terjadi saat sejumlah warga melakukan kerjabakti, Minggu (30/10/2022) lalu.

Ramin (50), salah satu warga yang juga ikut melihat atau menemukan candi itu mengatakan, saat kerja bakti warga memang akan membangun pondasi dan pagar di area belakang makam.

Namun, ketika sedang meratakan tanah, warga menemukan struktur batu yang nampak tersusun rapi. (don/yog)