Kerja Bakti, Warga Sukoreno Malah Temukan Situs Candi

419
Lokasi penemuan Candi di Makam punden Dusun Candi Desa Sukoreno Kecamatan Prigen dipasangi garis polisi

Prigen (WartaBromo.com) – Sebuah bangunan situs candi ditemukan warga Dusun Candi, Desa Sukoreno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Penemuan itu terjadi saat sejumlah warga melakukan kerjabakti, Minggu (30/10/2022) lalu.

Ramin (50), salah satu warga yang juga ikut melihat atau menemukan candi itu mengatakan, saat kerja bakti warga memang akan membangun pondasi dan pagar di area belakang makam.

Namun, ketika sedang meratakan tanah, warga menemukan struktur batu yang nampak tersusun rapi.

“Saat kerja bakti, bersih-bersih bersama banyak warga itu, ndak taunya pas gali nemu candinya,” kata Ramin saat ditemui di lokasi pemakaman, Selasa (01/11/2022).

Ada beberapa temuan susunan batu kuno yang beberapa diantaranya terdapat ukiran. Selain itu, juga ditemukan pula 3 buah patung arca kuno berbentuk kepala dan dada. Saat ini temuan batu dan arca tersebut langsung diamankan warga.

Baca Juga :   Menyoal Situs Candi, Sang Anak Tiri

“Yang ditemukan ada arca tiga juga ada berapa biji batu yang ada lukisannya, sama petugas dari Trowulan disuruh nyimpan,” tandasnya.

Sementara itu, Riani (25), para warga yang sengaja datang dan melihat situs candi itu menyatakan jika dirinya mengaku penasaran setelah mendengar kabar ada penemuan candi. Ia pun mengajak temannya untuk melihat langsung lokasi situs candi di Dusun Candi tersebut.

“Taunya dari status temen yang ikut gali, pingin lihat candinya candi apa arcanya bentuknya seperti apa,” kata Riani.

Warga juga berharap dari penemuan situs candi yang berada di Desa ini kedepan bisa dijadikan cagar budaya dan bisa menunjang wisata desa. (don/yog)