Orang Tua Harus Jeli, Ini Ciri Anak yang Sudah Pernah Having Sex

311

Pasuruan (WartaBromo.com) – Tak sedikit kasus hamil di luar nikah yang dialami anak-anak di bawah umur. Untuk menindak lanjutinya, maka orang tua harus berperan aktif memperhatikan anak-anaknya.

Utamanya bagi yang memiliki anak perempuan, orang tua harus lebih mawas agar anak tak mengalami sexually transmitted disease (STD). Penyakit tersebut tak hanya berdampak pada kesehatan, melainkan berpotensi merengut nyawa.

Praktisi kesehatan dari Fakultas Kedokteran UI Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI RSCM), Ari Fahrial Syam, menjelaskan, perempuan yang gemar ganti pasangan berisiko mengalami kanker mulut rahim.

“Pengalaman klinis saya sebagai dokter spesialis penyakit dalam mendapatkan bahwa pasien dengan HIV terjadi pada semua kalangan,” uajrnya dinukil dari liputan6.com.

Baca Juga :   Rekan Kerja Suka Iri? Begini Cara Mengatasinya

Menilik hal tersebut, lantas bagaimana cara mengetahui apakah anak sudah pernah melakukan hubungan seksual? Ada beberapa ciri yang bisa dijadikan mawas diri, yakni:

1. Tekstur Payudara

Khusus anak perempuan yang belum pernah having sex, payudaranya terasa padat. Berbeda dengan sudah tidak perawan, tekstur payudaranya cenderung kendur dan bergelambir.

Sebagai orang tua harus tahu perbedaan antara payudara bergelambir karena gemuk dengan yang sudah pernah berhubungan sex. Wanita tidak perawan akan terlihat kendur dan bergoyang saat berjalan.

2. Bentuk Punggung

Meski tidak menjamin 100 persen namun punggung perempuan yang sudah tidak perawan akan berbeda dengan wanita yang masih perawan.

Punggungnya terlihat sudah tidak tegak, sedangkan jika masih perawan punggung masih tetap tegak saat berjalan.

Baca Juga :   Begini Cara Pilih Bra Sesuai Payudara

3. Tingkat Emosional

Selain perempuan, anak laki-laki yang pernah having sex juga bisa diketahui tanda-tandanya. Salah satunya dari tingkat emosional.

Dibanding anak perempuan, laki-laki akan menunjukkan sikap siginifikan bila hasrat ingin berhubungan muncul. Biasanya cenderung mudah marah, gelisah dan kebingungan tidak jelas. (trj)