Satpol PP Sosialisasikan Cukai dan Rokok Ilegal di Tengah Kemeriahan Selawat Bareng Habib Syech

101
Tayangan video tentang perundang-undangan cukai juga dilakukan di ruang terbuka kepada jamaah sholawat bersama Habib Syech

Pasuruan (WartaBromo.com) – Satpol PP Kota Pasuruan terus menggencarkan sosialisasi di ruang terbuka. Setelah sosialisasi tentang perundang-undangan cukai dan gempur rokok illegal dilakukan kepada peserta jalan sehat, lalu komunitas VW dan Vespa, kali ini sosialisasi juga dilakukan pada puluhan ribu jamaah Syehermania.

Jamaah sholawatan bersama Habib Syeh ini sempat memenuhi Stadion Untung Suropati Pasuruan pada Selasa malam (1/11/2022). Bahkan, jamaah sholawat juga menyemut di sepanjang jalan Pahlawan, karena kapasitas stadion sudah penuh sesak.

Hal ini sudah diantisipasi Walikota Saifullah Yusuf (Gus Ipul) beserta jajaran dengan memasang beberapa videotron. Sehingga, jamaah yang tidak bisa di Stadion bisa sedikit terobati dengan menonton lewat layar kaca videotron.

Baca Juga :   Satpol PP Kota Pasuruan Sosialisasikan Cukai dan Rokok Ilegal Saat Jalan Sehat Sarungan

Fungsi videotron juga dimanfaatkan Satpol PP Kota Pasuruan untuk sosialisasi perundang-undangan cukai dan pemberantasan rokok illegal. Di tayangan video tersebut, Kepala Bea Cukai Hannan Budiharto menyampaikan beberapa point penting.

Menurutnya, cukai merupakan pungutan yang dikenakan terhadap barang barang yang peredarannya perlu dibatasi. Karena mengakibatkan dampak negatif kepada masyarakat.

“Jadi fungsi utama Cukai adalah untuk membatasi peredaran barang-barang yang membahayakan kesehatan masyarakat. Saat ini barang yang dikenakan Cukai adalah Produk Hasil Tembakau (rokok), Ethyl.Alkohol dan minuman mengandung Ethyl Alkohol,” ujar Hannan dalam tayangan video tersebut.

Pendapatan cukai yang dipungut negara, nantinya sebagian juga akan dikembalikan ke pemerintah daerah dalam bentuk DBHCHT. Dana bagi hasil cukai ini bisa dikelola daerah dengan alokasi untuk kesejahteraan masyarakat, Kesehatan dan juga penegakan hukum.

Baca Juga :   Pengumuman! Pemerintah Berencana Naikkan Harga Rokok di Pasaran

“Karena itu Bea Cukai Pasuruan menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada Pemerintah Kota dan Kabupaten Pasuruan serta seluruh masyarakat yang telah berperan serta dalam pencegahan dan pemberantasan rokok Ilegal dan memberikan suasana yang kondusif, sehingga perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Pasuruan bisa berkembang dalam menjalankan bisnisnya,” tegasnya.

Sholawatan Bersama Habib Syeh ini dalam rangka Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-77 dan Hari Santri Nasional tahun 2022. Pihak Pemerintah Kota Pasuruan hanya ketempatan untuk menyambut gawe besar tersebut.

“Alhamdulillah Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf bisa hadir lagi di Kota Pasuruan. Mudah-mudahan kehadiran kita bersama ini dicatat oleh Allah SWT. Dan berharap bisa dapat syafaat dari Rasulullah SAW agar hidup kita semakin berkah,” harap Gus Ipul. (day/*)