Tak Disangka! Ternyata Ini 10 Kota Terkaya di Indonesia

666
10 Kota Terkaya di Indonesia

Pasuruan (WartaBromo.com) – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis tingkat kemakmuran masyarakat pada suatu wilayah (kota/kabupaten). Hasilnya, terdapat 10 kota terkaya di Indonesia.

Tingkat kemakmuran ini dilihat dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten dan Kota. Pada sistem ini, jumlah pendapatan, dibagi dengan total penduduk yang ada pada masing-masih wilayah selama satu tahun. Hasilnya, ini dia 10 kota terkaya di Indonesia.

10 Kota Paling Kaya di Indonesia, Ada Daerahmu?

Kediri

Siapa sangka jika kota yang satu ini masuk dalam jajaran paling kaya di Indonesia. Apa ya penyebabnya?

Alasan Kediri menjadi jajaran kota terkaya adalah karena kehadiran perusahaan rokok terbesar di Indonesia, sejak 1958 silam. Akibatnya, industri tembakau ini membuat Kediri mendapatkan Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar di Indonesia, mencapai Rp 141,47 Triliun.

Baca Juga :   31 Pasien Positif Baru di Kabupaten Probolinggo hingga Pria Bergamis Asal Bangil Bertengkar dengan Petugas di Kawasan PSBB | Koran Online 22 Mei

Bontang

Berikutnya yaitu kota Bontang yang terletak di Kalimantan Timur. Berdasarkan data dari BPS, jumlah PDRB per kapita di Bontang yaitu Rp 321,14 juta. Sekotr yang berjasa yakni perdagangan, industri dan jasa.

Jakarta

Ternyata kota yang jadi pusat-nya Indonesia ini menempati urutan ketiga sebagai yang terkaya. PDRB per kapitanya mencapai Rp 260,44 juta.

Cilegon

Keempat ada Cilegon yang memiliki PDRB per kapita sebesar Rp 233,02 juta. Tak heran karena kota ini memiliki banyak sekali industri.

Surabaya

Kota yang disebut gudangnya crazy rich ini ternyata menempati urutan ke lima terkaya di Indonesia. PDRBnya mencapi Rp 190,89 juta per kapita.

Balikpapan

Berikutnya ada di daerah Kalimantan Timur lagi, Ya, seperti tetangganya, Balikpapan juga memiliki PDRB yang tinggi. Sekitar Rp 155, 97 juta per kapita.

Baca Juga :   Begal Pantura Keok hingga Revitalisasi Pasar Besar Kota Pasuruan Dikucuri Rp3,8 Miliar | Koran Online 3 Sept

Tarakan

Kali ini Kalimatan Utara yang harus bersyukur karena ada Tarakan di wilayahnya. Kota ini menyumbang PDRB sebesar Rp 136 juta. Maka dari itu, posisi kota terkaya ketujuh ditempatki Tarakan.

Dumai

Lanjut ke urutan 8 ada Dumai yang memiliki PDRB sekitar Rp 115,6 juta per kapita. Hasil ini didapatkan dari beberapa kontribusi dari perusahaan besar seperti Sinarmas Group, Wilmar Group, Chevron dan lain sebagainya.

Makassar

Ibu Kota provinsi Sulawesi Selatan ini memiliki PDRB sekitar Rp 115,39 juta. Untuk itu, Makassar menjadi kota terkaya ke 9 di Indonesia.

Batam

Terakhir adalah kota yang sering digunakan untuk jual beli dan transit, dengan PDRB Rp 113,48 juta per kapita. Apalagi perekonomiannya subur dengan industri elektronik, logam hingga bahan kimia. Tak heran jika Batam jadi kota paling kaya ke 10 di Indonesia.

Baca Juga :   Haji 2020 Dibatasi Hanya untuk Jemaah di Saudi

Demikian 10 kota terkaya sesuai dengan survei dari BPS. Apahkah ada kota kamu di daftar tersebut?  (may)