Manfaat Sambal Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

98

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sejauh ini tidak banyak orang tahu soal manfaat sambal untuk kesehatan. Pelengkap makanan ini bahkan hampir ada di seluruh daerah.

Bagi para penikmatnya, tanpa kehadiran sambal dalam makanan akan mengurasi rasa dan kesenangan. Pasalnya, sambal sering dianggap sebagai penambah nafsu makan bagi sebagian orang.

Nah, dilansir dari hellosehat.com, selain meningkatkan nafsu makan, samba juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Penasaran?

Yuk, simak!

1. Menghilangkan Rasa Sakit

Salah satu manfaat sambal bisa membantu meredakan nyeri dalam tubuh. Manfaat sambal yang satu ini ternyata berasal dari kandungan capsaicin pada cabai.

Capsaicin adalah senyawa kimia aktif dalam cabai yang memberikan sensasi panas dan pedas. Senyawa inilah yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit.

Baca Juga :   Mobil Terseret Banjir Material Lahar Gunung Semeru hingga Gaji PNS Bakal Dirombak | Koran Online 9 Feb

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat sambal untuk kesehatan yang kedua adalah bisa menurunkan berat badan. Klaim ini telah dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan peneliti asal UCLA Center for Human Nutrition, Los Angeles tahun 2010.

Beli sambal terlezat di sini.

Pada penelitian tersebut ditemukan kandungan DCT pada suplemen dapat meningkatkan proses oksidasi lemak dalam tubuh. Semakin cepat proses oksidasi lemak, maka tubuh akan membakar lebih banyak lemak.

3. Menghambat Kanker

American Association for Cancer Research menyatakan, capsaicin memiliki kekuatan untuk membunuh leukemia dan sel kanker.

Berdasar pada temuan tersebut, cabai disebut mampu menghambat pertumbuhan tumor dan kanker. (trj)