Setelah Cianjur, Giliran Probolinggo Diguncang Gempa

808

Probolinggo (WartaBromo.com) – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4.1 Ritcher melanda Kabupaten Probolinggo pada Rabu (23/11/2022). BMKG menyebut tak berpotensi tsunami.

Berdasarkan Twitter resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Juanda, menyatakan pusat gempa berada pada 7.81 LS- 113.59 BT atau 19 km Timur laut. Gempa terjadi pukul 17:45 (WIB) itu, ada pada kedalaman 6 KM. Titik koordinat ini, berada di wilayah Kecamatan Paiton atau sekitar PLTU Paiton.

“Sampai saat ini belum ada peringatan potensi tsunami,” tulis petugas early warning system (EWS) BMKG Juanda.

Gempa yang terjadi pasca gempa Cianjur itu, membuat heboh jagad maya. Sejumlah warga membuat status di aplikasi perpesanan. “Ada Gempa Paiton,” tulis warganet.

Baca Juga :   Pemprov Jatim Siapkan Plt, Wabup Probolinggo Bakal Naik Posisi

Supervisor Pusdalops PB BPBD Kabupaten Probolinggo, Aries Setyawan mengatakan, gempa tersebut tidak hanya dirasakan oleh warga Kecamatan Paiton. Namun juga dirasakan di beberapa kecamatan, semisal Besuk, Kotaanyar, Pakuniran, Banyuanyar dan lainnya.

“Belum ada laporan kerusakan. Mudah-mudahan tidak sampai ada korban, baik jiwa maupun materil. Namun, kami tetap mengimbau masyarakat untuk selalu waspada,” ucapnya. (saw/asd)