Tak Cuma Lambang Cinta, Inilah Mitos Bunga Mawar Menurut Kepercayaan Jawa

101

Pasuruan (WartaBromo.com) – Mawar menjadi salah satu bunga paling populer di Indonesia. Warnanya yang indah sering disebut sebagai lambang cinta.

Namun, selain dikenal sebagai lambang cinta, mawar juga merupakan bunga yang tak lepas dikaitkan dengan berbagai mitos. Klaim mitos ini pun dipercaya oleh sebagian masyarakat.

Penasaran apa saja mitos dari bunga mawar? Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Mampu Menangkal Santet

Menurut sebuah primbon Jawa, bunga mawar dipercaya bisa menangkal santet. Tiap kelopaknya bahkan mampu menyerap energi negatif dari ilmu santet.

Menurut kepercayaan, bunga mawar akan menangkap energi negatif tersebut dan kemudian akan diserap ke dalam tanah. Itulah sebabnya mawar biasa dijadikan bunga untuk menetralisir santet.

Baca Juga :   Ini Mitos dan Larangan yang Tak Boleh Dilakukan di Malam Satu Suro

2. Bisa Membawa Musibah

Meski dipercaya bisa menangkal santet, namun ternyata menurut mitos bunga mawar tak boleh ditanam sembarangan. Pasalnya, disebut bisa membahayakan pemiliknya.

Adapun larangannya adalah pemilik rumah tak boleh menanam bunga mawar di depan rumah. Bila dilanggar maka semua musibah akan melanda dalam keluarga.

3. Membuat Awet Muda

Secara tradisional bunga mawar memang dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya bisa membuat awet muda.

Beli bunga mawar di sini.

Menurut mitos, para perempuan yang ingin kulitnya kencang, halus dan mulus harus minum air yang sudah direndami kelopak mawar. Entah benar atau tidak, sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan.

Baca Juga :   Ijab Qobul Salah Lebih dari 3 Kali Bisa Sebabkan Perceraian, Benarkah?

Bagi yang ingin membeli bunga mawar untuk kepentingan karangan, bucket atau hiasan bisa langsung beli di Jl. Panglima Sudirman Kav. 115 No. 17, Purworejo, Kec. Purworejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67115. (trj)