Anggota Karta dan Bold Riders Beri Bingkisan untuk Guru Ngaji hingga Sumbang Darah

55

Probolinggo (WartaBromo.com) – Lebih dari 100 anggota komunitas anak motor Bold Riders dan karang taruna (karta) Heppiii Community serta masyarakat umum di Probolinggo berkolaborasi menyumbangkaan darahnya dalam Program Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022.

Aksi sosial yang mengambil tema KITA Adalah Pahlawan ini juga memberikan bingkisan kepada pahlawan masa kini seperti guru ngaji dan guru taman kanak-kanak, ada juga petugas penyeberang jalan. Mereka dianggap berjasa dan layak disebut sebagai pahlawan masa kini.

“Ada sejumlah guru yang kita berikan bingkisan, peserta yang ikut donor juga kami berikan bingkisan sebagai terima kasih kami ikut membantu kepada sesama,” kata Koordinator Bold Rider Probolinggo Andi Susanto, Senin (28/11).

Acara donor darah ini dilakukan secara bertahap mulai awal Nopember hingga Minggu (13/11) kemarin bertempat di Kelurahan Kanigaran Probolinggo. Menurutnya antusiasme pendonor sangat tinggi untuk mendatangi lokasi donor darah yang digelar oleh Kolabororasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten/Kota di Probolinggo.

Baca Juga :   Rapatkan Barisan, PBNU Konsolidasi ke Daerah

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program Bakti Pemuda Setetes Darah Untuk Negeri 2022 yang sudah memasuki tahun ketiga. Spirit hari pahlawan diharapkan dapat menjadi energi positif bagi setiap pendonor untuk terus berjuang di jalur kemanusian,” jelasnya.

Koordinator Karta Heppiii Community Probolinggo Dwi *H* mengatakan ada puluhan anggota karta dan masyarakat umum yang ikut serta dalam donor darah ini.

Mereka yang terlibat donor ini rata-rata tahun sebelumnya juga mengikuti kegiatan yang sama.

“Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat serta anggota karta Heppiii Community yang terlibat, semoga dengan darah ini bisa memenuhi stok darah di PMI, sehingga kebutuhan masyarakat akan darah akan tercukupi untuk beberapa waktu ke depan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Ini Motif Sang Cucu Nekat Habisi Nenek Sendiri

Komunitas yang terlibat dalam program donor darah ini ada dari anak motor Bold Riders serta Karta Heppiii Community Probolinggo, ditambah masyarakat umum. Mereka yang terlibat ini adalah KCI Probolinggo, YR-15 Probolinggo, PCBC Probolinggo, *NVL RP Probolinggo,* Karta Brumbungan Lor – Desa Brumbungan Lor.

Kemudian ada komunitas KPK Com – Desa Kali Buntu, COUPLE Community – Desa Laweyan, ANDENG Community Desa Kedung Sari, Suketeki Community Desa Sukapura, Singo Wongso Community Desa Poh Sangit Leres, 76 Pohsangitkidul Com, Kelurahan Pohsangit Kidul, PHC Communtiy – Kelurahan Pilang.

Kemudian ada Karta Boto Desa Boto, Karta Sapi Kerep Desa Sapi Kerep, Karta Binor Desa Binor, Dunggalengreen Com Kelurahan Kedung Galeng, lalu ada PAPEDA Com Desa Kedungdalem, Karta Tunas Harapan Desa Sepuh Gembol, Pemuda Ngepung Desa Ngepung, Kademangan Bangkit Kelurahan Kademangan, dan Gapoktan Besuk Desa Besuk Probolinggo.

Baca Juga :   Warga Luar Kabupaten Probolinggo Boleh Nyalon Kades

Program donor darah Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini digelar serentak di seluruh Indonesia Timur sejak 29 Oktober sampai 13 Nopember 2022 kemarin.

Total ada sebanyak 750 komunitas di lebih dari 82 Kabupaten/Kota di Indonesia Timur. Jumlah kota ini tersebar di 15 provinsi.

Tahun ini kegiatan sosial tersebut mengambil tema kepahlawanan yakni KITA adalah Pahalwan. Tahun sebelumnya program yang sama juga digelar dengan berhasil mengumpulkan ribuan kantong darah dari total hampir 5.000 orang pendaftar.

Program donor darah tahun 2022 ini sukses mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Ada dua rekor yang diberikan, yakni komunitas terbanyak yang mendonor, serta rekor terbanyak donor darah yang digelar di 15 provinsi. (yog/yog)