Jenis-jenis USG Lain untuk Melihat Bentuk Visual Janin

341

Pasuruan (WartaBromo.com) – Selama masa kehamilan, ibu hamil pasti membutuhkan USG (ultrasonografi) untuk memantau perkembangan janin. Umumnya, USG yang sering digunakan berjenis 2D.

Namun seiring perkembangan teknologi, kini USG sudah tersedia berbagai jenis. Mulai 2D hingga yang terbaru adalah 5D.

Bagi yang belum tahu jenis-jenis USG untuk melihat bentuk visual janin, berikut berbagai jenisnya dilansir dari berbagai sumber:

1. USG 2 Dimensi

USG 2 dimensi yang menghasilkan gambar hitam putih menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi. Tidak hanya itu, USG ini juga menggunakan perangkat lunak pencitraan khusus yang membuat bagian dalam tubuh.

Saat dokter menjalankan probe di atas perut, gelombang suara memantul dari tubuh bayi untuk membuat gambar. USG 2D biasanya dibutuhkan beberapa kali agar sang ibu bisa memantau perkembangan janin secara maksimal.

Baca Juga :   Mau Lahiran Normal Tanpa Dijahit? Begini Caranya

2. USG 3 Dimensi

USG 3 dimensi yang lebih unggul daripada USG 2 dimensi karena menghasilkan gambar bagian dalam tubuh lebih tajam dan lebih hidup.

Pada ibu hamil, dokter menggunakan pemindaian ini untuk melihat anatomi janin jauh lebih baik.

3. USG 4 Dimensi

Lebih canggih dari USG 3D, USG 4D bisa memberi tampilan berupa video bergerak real-time dari janin yang ada di dalam perut. Dengan tingkat pemindaian ini, ibu hamil dapat melihat video bergerak 3D dari janin.

USG 4D bisa dipilih untuk melihat tumbuh kembang janin secara mendetail. Misalnya, melihat ekrepsi bayi hingga gerakan-gerakan bayi dalam kandungan.

4. USG 5D?

USG 5 dimensi disebut juga USG HD live. USG ini menggunakan tes pemindaian dengan teknologi canggih untuk menghasilkan gambar bagian dalam tubuh.

Baca Juga :   Viral Oknum Satpol PP Pukul Wanita Hamil saat Penertiban PPKM

Pencitraan ini lebih spesifik dalam memindai gambar untuk jantung, anggota badan, dan sistem saraf pusat. Penggunaannya bisa dibilang belum cukup luas karena belum semua rumah sakit menerapkannya. (trj)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.