Cara Menangani Eksim pada Bayi yang Harus Diketahui Orang Tua

77

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bayi berusia 3 sampai 6 bulan sering mengalami gejala eksim. Penyakit ini umumnya menyerang bayi yang orang tuanya juga memiliki penyakit eksim.

Apa Itu Eksim?

Eksim adalah istilah terkait gangguan pembengkakan pada kulit. Gangguan ini disebut juga dengan dermatitis. Saat terjadi, reaksi alergi pada kulit dapat ditandai dengan timbulnya warna kemerahan, ruam, dan rasa gatal.

Eksim bukan penyakit yang menular dan sejauh ini penyebabnya belum diketahui. Kemungkinan besar terjadi akibat adanya faktor genetik dan lingkungan.

Cara Menangani Eksim pada Bayi

Untuk dipahami, Eksim pada bayi dapat menyebabkan kulitnya gatal, sehingga bayi menjadi rewel. Penanganan eksim pada bayi perlu dilakukan dengan tepat, diantaranya:

Baca Juga :   Seram! Ada 3 Hantu di Dunia yang Sering Mengincar Bayi

1. Mandikan Bayi dengan Air Hangat

Untuk mengurangi rasa gatal pada kulit, mandikan bayi dengan air hangat bersuhu 36-37 derajat Celsius. Tak perlu waktu lama, memandikan bayi yang terkena eksim cukup selama 10-15 menit saja.

Usahakan untuk tidak memandikan Si Kecil terlalu lama karena dapat membuat kulitnya semakin kering. Saat memandikan Si Kecil, gunakan sabun khusus bayi yang berbahan lembut.

Sabun bayi bisa beli di sini.

2. Oleskan Pelembap Khusus Bayi

Setelah dimandikan, oleskan pelembab khusus bayi. Seperti petroleum jelly, agar kulitnya tidak kering.

Pilih pelembap yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi dan mengandung bahan-bahan alami. Setelah mandi dan menggunakan pelembap, pilihlah pakaian berbahan katun yang lembut dan dapat menyerap keringat.

Baca Juga :   7 Keajaiban ASI Untuk Buah Hati

Beli pelembab bayi di sini.

3. Gunakan Sarung Tangan pada Bayi

Bayi yang terkena eksim sebisa mungkin kulitnya terhindar dari garukan. Untuk itu pakaikan sarung tangan pada bayi guna menghindari garukan pada kulit.

Pastikan juga memotong kuku bayi secara rutin agar kulit bayi tidak terluka parah bila tergaruk. Gunakan pemotong kuku khusus bayi, ya.

Pemotong kuku khusus bayi ada di sini. (trj)