Plengsengan Ambrol, Pikap Nyemplung Kali Gembong

355
Pikap yang kecemplung Kali Gempong akibat plengsengan ambrol.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebuah mobil pikap yang diparkir di pinggir Kali Gembong nyaris nyemplung ke badan sungai. Itu terjadi setelah plengsengan tempat mobil itu diparkir ambrol, Sabtu (4/2/2023).

Subur, ketua RW setempat mengatakan, insiden jatuhnya mobil pikap bernopol B2619 ZZB itu terjadi sekitar pukul 14.30.

“Posisi mobilnya diparkir di pinggir sungai, terus habis hujan deres plengsengan ambrol,” kata Subur.

Menurut Subur Plengsengan tersebut ambrol karena tergerus arus sungai yang cukup deras. Akibatnya, pondasi plengsengan terkikis dan ambrol.

“Dulu pernah rusak dan diperbaiki. Tapi meski dibangun lagi kan kekuatannya sudah jelas beda. Apalagi setiap hari selalu dibuat parkir mobil-mobil pikap itu. Lama-lama nggak kuat plengsengannya,” ungkapnya.

Baca Juga :   Jalani Isolasi di Hotel, 16 Warga Kabupaten Pasuruan Sembuh dari Corona

Sementara itu, petugas PMK Kota Pasuruan dan satu mobil damkar pun diterjunkan ke lokasi untuk mengevakuasi. Mobil pikap dengan tali penarik mobil damkar dibantu dengan mobil derek.

“Butuh waktu satu jam hingga mobil pikap tersebut berhasil dievakuasi, kondisi mobil aman tidak rusak, mesinnya juga masih bisa menyala,” tutur Susilo Hadi, Danru PMK Kota Pasuruan.

Untuk antisipasi, petugas Damkar Kota Pasuruan sementara juga memasang kayu-kayu di plengsengan sungai sebagai penanda warga agar berhati-hati saat melintas. (don/asd)