Tren Elephant Parenting, Inilah 5 Tipenya

181

Pasuruan (WartaBromo.com) – Setiap orang tua memiliki gaya parenting tersendiri untuk mendidik anaknya. Bahkan, berbagai gaya parenting pun bisa didapatkan dari berbagai sumber sebagai rujukan.

Nah, salah satu gaya parenting yang saat ini sedang tren dibicarakan adalah “Elephant Parenting” atau orang tua gajah. Pola pengasuhan ini menekankan hubungan emosional antara anak dan orang tuanya.

Bagi yang belum tahun tentang elephat parenting, ini dia 5 tipenya dilansir dari tempo.com:

1. Kebahagiaan Anak Adalah Segalanya

Gaya parenting orang tua gajah memprioritaskan kesehatan emosional anak-anak mereka dan ingin anak-anaknya bahagia. Anak-anak diberi lebih banyak kebebasan dan pilihan, dan tidak dipaksa untuk bertahan melalui sesuatu.

Baca Juga :   Cara Mengikhlaskan Anak yang Sudah Meninggal

Orang tua gajah mendorong anaknya untuk menjadi diri mereka sendiri dan ingin mereka menikmati masa kanak-kanak. Pada tipe ini, orang tua hanya memantau dari jauh dan memberikan arahan di waktu-waktu tertentu.

2. Menenangkan Anak

Prioritas utama induk gajah adalah memberikan kenyamanan, dan perlindungan. Maka, jika anak terjatuh orang tua harus menjadi orang pertama di tempat kejadian dan bersiap untuk mengangkatnya dan menyeka air matanya.

Pada tipe ini, orang tua sangat peduli, menghibur dan melindungi anak dari kenyataan hidup yang keras. Misalnya, dapat meyakinkan anaknya jika anaknya putus asa setelah mendapat nilai buruk dalam ujian di sekolah.

3. Fleksibel dengan Aturan

Karena setiap skenario unik, orang tua yang menerapkan elephant parenting akan percaya bahwa tanggung jawab mereka untuk menyesuaikan dengan kebutuhan anak mereka.

Baca Juga :   Ini Vaksin yang Tak Boleh Diberikan Pada Bayi

Sebenarnya, kesenangan anak Anda adalah prioritas utama Bolo jika Bolo adalah orang tua gajah. Akibatnya, orang tua dengan tipe parenting ini tidak boleh memaksa anak. (trj)