Cara Mengatasi Kecanduan Narkoba hingga Sembuh Total

466

Pasuruan (WartaBromo.com) – Orang yang sudah kecanduan narkoba pasti sulit untuk berhenti. Oleh karena itu, bila ingin berhenti dibutuhkan dukungan dan berbagai cara mengatasi kecanduan narkoba.

Nah, jika ada keluarga atau orang terdekat mengalami kecanduan narkoba, segera hentikan pemakaian dengan mencari pertolongan darurat. Proses penyembuhan akan berlangsung mudah bila ada niat dari si pemakai.

Serta, bisa juga diiringi dengan berbagai cara mengatasi kecanduan narkoba yang dilansir dari bnn.go.id berikut:

1. Lakukan Pemeriksaan

Bila ingin menghentikan orang yang kecanduan narkoba maka harus dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan dilakukan tidak hanya oleh dokter tetapi juga terapis.

Tindakan pemeriksaan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kecanduan yang dialami dan adakah efek samping yang muncul. Jika si pemakai mengalami depresi atau bahkan gangguan perilaku, maka terapis akan menyembuhkan efek tersebut.

Baca Juga :   Diduga Edarkan Sabu, Sopir Truk asal Bugul Kidul Ditangkap Polisi

2. Detoksifikasi

Cara mengatasi kecanduan narkoba harus melalui beberapa tahapan dan salah satu yang cukup berat adalah detoksifikasi. Nah, di sini pengguna harus 100% berhenti menggunakan narkoba.

Ketika berhenti, maka orang tersebut akan merasakan reaksi yang cukup menyiksa. Mulai rasa mual berkepanjangan hingga badan yang terasa sakit parah.

3. Rehabilitasi

Cara terakhir yakni dengan melakukan rehabilitasi. Ada dua rehabilitasi yang dilakukan selama proses penghentian pemakaian narkota, yakni rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.

Rehabilitasi secara medis meliputi detoksifikasi, pemeriksaan kesehatan, penanganan efek buruk dari penyalahgunaan narkoba hingga psiko terapi. Sedangkan rehabilitasi sosial lebih mengarah kepada konseling. (trj)