Amalan-amalan di Malam Nifsu Syaban, Yuk Berburu Pahala!

181

Pasuruan (WartaBromo.com) – Malam Nifsu Syaban jatuh pada pertengahan bulan Syaban atau tiap tanggal 15 bulan kedelapan kalender Islam. Pada tahun ini malam Nifsu Syaban 1444H jatuh pada hari Selasa (7/3/2023).

Malam Nifsu Syaban adalah malam yang diyakini memiliki banyak keutamaan dalam agama Islam. Bahkan, terdapat banyak pahala yang besar.

Pada malam Nifsu Syaban Allah SWT memberikan ampunan dan rahmat-Nya kepada hamba-Nya yang memohon dan beribadah dengan sungguh-sungguh.

Oleh sebab itu, malam Nisfu Syaban seringkali dijadikan sebagai momen untuk memperbanyak amalan dan ibadah kepada Allah SWT. Berikut amalan Nifsu Syaban yang dapat dilakukan dilansir dari nu.or.id:

1. Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Quran pada malam Nisfu Syaban akan mendapatkan pahala yang besar, juga dapat membantu memperkuat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca Juga :   Malam Nisfu Sya'ban, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan

Selain itu, membaca Al-Qur’an juga mendapatkan keutamaan seperti yang dijelaskan Rasulullah SAW dalam hadis berikut ini:

عن أَبي أُمامَةَ رضي اللَّه عنهُ قال : سمِعتُ رسولَ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم يقولُ : « اقْرَؤُا القُرْآنَ فإِنَّهُ يَأْتي يَوْم القيامةِ شَفِيعاً لأصْحابِهِ » رواه مسلم

Artinya: Dari Abu Umamah, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR Muslim)

2. Membaca Doa dan Dzikir

Pada malam Nisfu Syaban adalah waktu yang tepat untuk berdoa dan berzikir. Selain itu, juga dianjurkan untuk memperbanyak membaca Istighfar, karena tak ada satupun manusia yang bersih dari dosa dan salah.

Baca Juga :   Inilah Peristiwa-peristiwa Penting di Bulan Sya'ban

Ada banyak sekali doa dan zikir yang dapat dilakukan pada malam Nifsu Syaban, seperti doa taubat, doa istighfar, dan zikir tasbih.

3. Puasa

Puasa pada malam Nifsu Syaban memikiki banyak keutamaan dan pahala yang besar. Selain itu, dapat membantu membersihkan diri dari dosa dan kesulitan dimudahkan.

Adapun bacaan niat puasa sunnah pada bulan sya’ban yaitu :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adai sunnati Sya‘bana lillâhi ta‘ala

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Sya‘ban esok hari karena Allah SWT.” (tra/trj)