Bolehkah Puasa Sebelum Mandi Wajib alias dalam Keadaan Junub? Ini Penjelasannya

972

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bagi pasangan suami istri pasti pernah mengalami junub di akhir waktu imsak. Keadaan ini kemudian memunculkan pertanyaan tentang bolehkan puasa sebelum mandi wajib?

Untuk dipahami, seseorang yang berada dalam keadaan junub terjauhkan dari ibadah-ibadah tertentu. Dilansir dari nu.or.id, kondisi junub berarti kondisi yang tidak suci.

Lantas bagaimana hukumnya orang yang belum mandi wajib tetapi berpuasa? Jawaban tersebut tertera dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, berikut:

‘Aisyah RA berkata: “Rasulullah SAW pernah menjumpai waktu fajar dibulan Ramadhan dalam keadaan junub bukan karena mimpi basah, kemudian beliau mandi dan tetap berpuasa.(HR Bukhari dan Muslim).

Baca Juga :   Perempuan Istihadah Apakah Wajib Berpuasa Di Bulan Ramadan?

Dari hadis ini para ulama menyimpulkan bahwa hukum mandi wajib setelah imsak adalah mubah atau diperbolehkan.

Bahkan ulama juga mengatakan mandi junub boleh diakhirkan hingga waktu subuh, tapi saat salat harus sudah dalam keadaan suci.

Singkatnya, seseorang boleh berpuasa walau dalam mandi wajib. Bahkan, puasanya juga sah dan puasanya juga tidak perlu diganti.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadits:

Diriwayatkan dari Ummu Salamah RA yang berkata: “Nabi Nabi SAW pernah mandi junub saat memasuki waktu subuh dan beliau tidak meng-qadha (puasa pada hari tersebut).(HR Muslim). (trj)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.