Tata Cara Berbuka Puasa yang Benar Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

294

Pasuruan (WartaBromo.com) – Selama menjalankan ibadah puasa Ramadan, hendaknya sebagai umat muslim harus tahu tata cara berbuka puasa yang baik dan benar. Tak lain agar kegiatan puasa kita menjadi lebih berkah.

Islam pun menganjurkan untuk segera membatalkan puasa juga termasuk dalam etika atau adab menunaikan ibadah puasa, hal itu pula sesuai dengan sunnah Nabi yang bisa diamalkan.

Selain itu, ada beberapa tata cara berbuka puasa sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW agar saat menjalankan puasa kita mendapatkan kemuliaan dan keberkahan.

Berikut tata cara buka puasa yang dilansir dari @NUOnline:

1. Menyegerakan Berbuka Puasa

Ketika memasuki waktu magrib, pentingnya untuk menyegerakan berbuka puasa sebelum melaksanakan ibadah salat Magrib. Seperti halnya yang telah diajarkan Nabi Muhammad Saw kepada para umatnya.

Baca Juga :   Jelang Idul Fitri, Omset Perajin Cetakan Kue Tembus Ratusan Juta

Di samping itu, saat Nabi segera berbuka atau ta‘jîl al-fithr diawali dengan membaca Bismillâhir rahmânir rahîm secara lengkap atau secara singkat Bismillâh, karena merupakan perbuatan yang baik.

Apabila lupa membaca Basmalah saat makan, ketika ingat bacalah Bismillâhi awwalahu wa âkhirahu (Dengan Nama Allah sejak awal dan akhir makan/minum).

2. Membaca Doa Berbuka Puasa

Kemudian disunnahkan membaca doa berbuka puasa dengan cara mengangkat kedua telapak tangan. Karena hal itu merupakan salah satu sunnah Rasul.

Adapun doa berbuka puasa dalam riwayat hadis Bukhari Muslim, sebagaimana berikut:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Artinya: “Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.

3. Makan dan Minum Secukupnya

Ketika berbuka puasa makanlah dan minum secukupnya, tidak berlebihan bahkan bermewah-mewahan atau sampai kekenyangan.

Baca Juga :   Kapan Malam Lailatul Qadar Datang?

Serta perlu diketahui juga untuk tidak menyisakan makanan dan minuman yang menimbulkan mubazir, sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-A‘râf (7): 31, dan Surat al-Isrâ’ (17): 26-27.

Itu tadi tata cara berbuka puasa, semoga saat menjalankan ibadah puasa kita mendapatkan rahmat dan keberkahan-Nya. (tra/trj)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.