Warga Pakuniran Tangkap Basah Pasokan Pupuk Subsidi asal Bondowoso

330
Pikap bermuatan pupuk bersubsidi yang diamankan warga.

Pakuniran (WartaBromo.com) – Warga Desa Sogaan, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo mengamankan pikap bermuatan 2 ton pupuk bersubsidi pada Selasa (18/4/2023) dinihari. Pupuk itu berasal dari wilayah Kabupaten Bondowoso.

Peristiwa itu bermula saat sebuah pikap warna hitam bernomor polisi N 9361 NL melintas di jalan raya Desa Sogaan sekitar pukul 03.00. Warga yang curiga dengan muatan pikap, lantas menghentikannya.

Oleh warga, terpal penutup di bak pikap kemudian dibuka. Dan, saat itulah didapati puluhan sak pupukĀ  bersubsidi. Selanjutnya, Kendaraan bak terbuka itu pun digiring ke Mapolsek Pakuniran. Termasuk Ali, sang sopir asal Desa Glagah, Kecamatan Pakuniran.

Ali mengaku bila pupuk bersubsidi tersebut berasal dari Arak-Arak, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso. “Akan dibawa ke Desa Jambangan, Kecamatan Besuk dan Kecamatan Kotaanyar,” kata Ali.

Kanit Reskrim Polsek Pakuniran, Aipda Adi Permana mengatakan, pihaknya masih menunggu petunjuk dari Kapolsek Pakuniran terkait pengamanan pupuk bersubsidi tersebut. “Untuk keterangan lebih lanjut menunggu bapak Kapolsek,” ucapnya

Dalam sepekan terakhir, setidaknya sudah ada 3 kasus dugaan penyelewengan pupuk bersubsidi di Kabupaten Probolinggo.

Sebelumnya ada kendaraan bermuatan pupuk bersubsidi diamankan di Desa Bago, Kecamatan Besuk. Masih di desa yang sama, oknum kepala desa setempat diduga menimbun pupuk bersubsidi. (saw/asd)