Cek Infrastruktur, Wabup Probolinggo Ajak Pejabat Gowes Bareng Keliling Jalan Rusak

313

Probolinggo (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Probolinggo terus melakukan pembenahan infrastruktur jalan. Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo, HA. Timbul Prihanjoko, mengajak sejumlah pejabat untuk gowes dan memantau progresnya pada Jumat (19/5/2023).

Di Kabupaten Probolinggo, terdapat jalan sepanjang 607.682 km, yang sebanyak 77,33% dalam kondisi baik dan mantap. Sementara itu, sepanjang 178.137 km atau 22,67% mengalami kerusakan, mulai dari kerusakan ringan hingga berat.

Wabup Timbul menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan perbaikan, baik melalui tambal sulam maupun perbaikan dalam skala besar. Tujuannya adalah untuk memberikan kenyamanan kepada pengendara yang melintasi jalan di Kabupaten Probolinggo.

“Kami tidak memiliki target waktu tertentu. Setiap jalan yang rusak akan terus kami perbaiki dengan tambal sulam. Pada bulan Juli, kami akan fokus memperbaiki jalan-jalan yang mengalami kerusakan berat,” ungkapnya.

Baca Juga :   Pemkab Probolinggo Salurkan Ribuan Masker

Proses perbaikan jalan terus ditinjau oleh Wabup bersama sejumlah pejabat. Mereka melakukan peninjauan pada jalan yang sedang dan akan diperbaiki, serta memastikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) melakukan perbaikan pada titik-titik jalan yang rusak.

Salah satu contoh adalah proses tambal sulam pada jalan berlubang di depan Pasar Besuk, Kecamatan Besuk. “Kami terus melakukan tambal sulam, salah satunya adalah jalan Besuk yang sudah cukup baik untuk dilintasi, terutama di bagian Kandangjati Kulon,” ujar Wabup Timbul.

Rombongan pejabat yang melakukan gowes tersebut berangkat dari Kantor Camat Pakuniran dengan rute jalan raya Besuk menuju Kantor Bupati Probolinggo di Jalan Panglima Sudirman Kota Kraksaan. Rombongan tersebut terdiri dari Sekretaris Daerah (Sekda) Ugas Irwanto, Asisten II Ahmad Hasyim Ashari, Kepala DPUPR Hengki Cahjo Saputra, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo) Yulius Christian, serta beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya.

Baca Juga :   Kampanye Krisis Iklim, Aktivis Greenpeace Diintimidasi Ormas di Probolinggo

Sebelum memantau perbaikan jalan yang rusak, Wabup Timbul dan rombongan juga meninjau Dam Sengon Sungai Lancar Glagas di Desa Sogaan, Kecamatan Pakuniran. Perbaikan dam yang berfungsi sebagai pengarah aliran irigasi daerah telah selesai. Saat ini, sekitar 116 hektar sawah petani dapat dialiri dengan baik.

“Alhamdulillah, pembangunan telah selesai. Sekarang, masyarakat petani dapat bekerja di sawah mereka, ” pungkas Timbul. (*)