Sarang Tawon Vespa Hantui Warga Perumahan Graha Candi, Damkar Turun Tangan

189

Bugul Kidul (WartaBromo.com) – Petugas Damkar Kota Pasuruan kembali diminta warga untuk melakukan evakuasi sarang tawon vespa di kawasan Perumahan Graha Candi, Kelurahan Bakalan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan, Jumat (2/6/2023) malam. Proses evakuasi yang dilakukan di salah satu rumah warga itu pun berlangsung penuh rasa was – was lantaran sarang tawon berukuran cukup besar.

Bermula saat warga di sekitar Perumahan Graha Candi mengeluhkan tentang adanya tawon vespa yang berkeliaran. Warga pun tak nyaman dengan kondisi tersebut dan akhirnya melaporkannya ke BPBD Kota Pasuruan.

Samsul Hadi, Kapala Pelaksana BPBD Kota Pasuruan itu mengatakan, pihkanya kemudian segera menurunkan tim damkar untuk mengevakuasi sarang tawon yang berada di atas genteng rumah Fahmi Alvian sekitar pukul 18.30 wib.

Baca Juga :   Hendak Kulakan ke Pasar, Warga Pasrepan Disabet Celurit Orang Tak Dikenal

Proses evakuasi berjalan cukup lama. Pasalnya, sarang tawon vespa yang berada di atas genteng itu cukup besar. Kurang lebih, tim membutuhkan waktu sekitar satu jam lebih untuk mengambil sarang tersebut dari atas genteng.

“Agak lama proses evakuasi semalam membutuhkan waktu sekitar satu jam lebih,” kata Samsul, Sabtu (3/6/2023).

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar segera melaporkan jika ada sarang tawon vespa di permukiman. Menurutnya, tawon vespa tersebut berbahaya jika menyerang masyarakat.

“Iya benar bahaya tawon vespa itu, kadang-kadang masyarakat nggak tahu tiba-tiba sudah besar sarang tersebut,” ujarnya.

Sarang tawon itu akhirnya berhasil dievakuasi tim dan akan dimusnahkan. (don/yog)