Kebakaran Pabrik Arang di Kraton Akibat Overheat Mesin

316
Pabrik pembuatan arang di Kraton yang ludes terbakar, Sabtu (10/6/2023) malam.

Kraton (WartaBromo.com) – Kebakaran yang terjadi di PT. Tujuh Kuda Hitam Sakti Jl. Raya Sidogiri, Desa Asem Kandang, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, pada Sabtu (10/6/2023) malam disebabkan overheat mesin.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan mencatat, kronologis kebakaran terjadi sekitar 18.45 WIB, saat petugas menerima laporan dari pihak pabrik. Selanjutnya pemadaman api dilakukan sekitar pukul 19.10 WIB.

“Disebabkan overheat mesin. Pemadaman dilakukan dengan 1 unit damkar dan 1 unit water suplay BPBD Kota Pasuruan serta 2 unit mobil Damkar dari BPBD Kabupaten Pasuruan. Kami ikut membantu,” ungkap Samsul Hadi Ketua BPBD Kota Pasuruan, Minggu (11/6/2023).

Ia bilang, hingga pukul 21.00 WIB, api mulai padam dan hanya perlu melakukan pembasahan di area objek yang terbakar yakni cerobong pembuangan dari mesin serbuk kayu untuk pembuatan arang.

Baca Juga :   Lahan Kosong di Kawasan PIER Terbakar

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun area pabrik yang terbakar nampak cukup luas. Hingga kini, luas kebakaran serta kerugian yang ditaksir masih dalam perhitungan dinas terkait.

Untuk diketahui, PT. Tujuh Kuda Hitam Sakti – Sawdust Charcoal Manufacture merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan dan produksi arang dari berbagai macam jenis kayu. (lio/yog)