Tips Menjaga Kesehatan Sendi dan Tulang di Usia 30 Tahun ke Atas

303

Pasuruan (WartaBromo.com) – Memasuki usia 30 tahun ke atas masalah yang paling dikhawatirkan adalah soal kesehatan sendi dan tulang. Tak heran orang di usia tersebut sudah mulai berkonsultasi tentang tips menjaga kesehatan sendi dan tulang.

Mengapa demikian? Sebab, pada tahap ini tubuh mulai mengalami perubahan yang alami, termasuk penurunan kepadatan tulang dan elastisitas sendi. Maka bila tak dijaga dan tak diperhatikan sebaik mungkin akan menggangu sistem pergerakan tubuh nantinya.

Maka agar masa tua tetap sehat dan bisa beraktivitas dengan nyaman, Bolo harus tahu tips menjaga kesehatan sendi dan tulang. Dilansir dari berbagai sumber, inilah tipsnya:

1. Lakukan Latihan Rutin

Melakukan latihan secara teratur merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan sendi dan tulang. Aktivitas fisik seperti berjalan, berlari, atau latihan kekuatan membantu memperkuat otot dan tulang.

Baca Juga :   Tips Memilih Sandal Jepit yang Aman dan Nyaman Digunakan Saat Berkendara

Latihan juga meningkatkan fleksibilitas sendi, mengurangi risiko cedera, dan mempertahankan mobilitas yang baik.

2. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Asupan nutrisi yang seimbang berperan penting dalam tips menjaga kesehatan sendi dan tulang. Konsumsi makanan yang kaya kalsium, seperti susu rendah lemak, yogurt, dan keju, membantu memperkuat tulang.

Sumber protein seperti daging tanpa lemak, ikan, dan kacang-kacangan membantu memperbaiki dan membangun jaringan tulang dan otot. Selain itu, asupan vitamin D, C, dan K juga penting untuk kesehatan tulang dan jaringan ikat.

3. Jaga Postur Tubuh yang Baik

Memperhatikan postur tubuh saat duduk, berdiri, dan beraktivitas penting untuk menjaga kesehatan sendi dan tulang.

Pastikan posisi tulang belakang, leher, dan pinggul dalam keadaan yang sejajar. Hindari posisi yang memberikan tekanan berlebih pada sendi, seperti duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak ergonomis. (trj)