Dikunjungi Cak Thoriq, Pengungsi Banjir di Lumajang: Mboten Krasan Pak

134
Dikunjungi Cak Thoriq, Pengungsi Banjir di Lumajang: Mboten Krasan Pak

Lumajang (WartaBromo.com) – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq berkeliling mengunjungi pengungsian akibat banjir lahar dingin di Lumajang. Sejumlah warga mengeluh tidak betah berada di pengungsian.

Sejak Jumat (7/7/2023), ratusan warga terdampak banjir di Lumajang mengungsi ke beberapa tempat. Cak Thoriq menyebut, ada sekitar 493 warganya yang mengungsi.

Orang nomor satu di Lumajang ini kemudian berkeliling ke sejumlah pengungsian. Salah satunya di Balai Desa Tumpeng. Pada pukul 03.00 WIB dini hari, sejumlah warga masih terjaga di pengungsian tersebut.

“Mboten krasan pak,” ujar beberapa warga kepada Cak Thoriq saat kunjungan.

Cak Thoriq kemudian meminta warga untuk sabar dan tetap berada di pengungsian. Sebab, masih belum aman apabila kembali ke rumah.

Baca Juga :   MUI Lumajang: Ternak PMK Boleh Dijadikan Kurban, Asalkan….

“Di sini dulu ya. Tadi saya dari Jarit keliling. Terus saya lihat di Jembatan Gesang, masih banter air sungainya. Pun sementara di sini dulu ya ndak papa,” kata Cak Thoriq.

Sebagai informasi, ada sekitar 124 warga yang mengungsi di Balai Desa Tumpeng. Cak Thoriq memastikan seluruh kebutuhan logistik aman. Terutama untuk makan pengungsi selama berada di lokasi.

“Penanganan pengungusi di beberapa tempat sudah terkendali. Dapur umum juga sudah di persiapkan. Langkah berikutnya, pemulihan kedaruratan infrastruktur, pembersihan longsoran, penanganan tanggul yang tergerus, dan normalisasi listrik,” jelas Cak Thoriq melalui official akunnya. (may/asd)