Kabar Gembira! Pemkot Siapkan Subsidi untuk Angkutan Kota

270
Kabar Gembira! Pemkot Siapkan Subsidi untuk Angkutan Kota

Pasuruan (WartaBromo.com) – Nasib angkutan kota di Kota Pasuruan mulai mendapat perhatian dari pemkot. Pemkot berencana akan memberikan subsidi bagi angkutan kota.

Hal ini diungkapkan oleh Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat berdialog dengan puluhan sopir angkot di Gedung Gradika, Kota Pasuruan, Selasa (11/07/2023).

Gus Ipul mengajak para sopir angkutan kota untuk meningkatkan layanan. Pasalnya, saat ini angkutan kota sebagai moda transportasi umum mulai tergerus zaman.

Pemerintah, kata Gus Ipul, perlu melakukan intervensi supaya angkutan kota bisa bangkit kembali. Pemkot akan merumuskan bagaimana skema yang tepat untuk memberikan subsidi kepada angkutan kota.

Subsidi ini nantinya digunakan untuk mempercantik mobil-mobil angkutan kota. Apalagi dalam beberapa bulan ke depan akan ada gelaran MTQ tingkat Jawa Timur.

“Momentum ini sekaligus kita manfaatkan untuk meningkatkan layanan-layanan termasuk angkutan umum di Kota Pasuruan,” kata Gus Ipul.

Para sopir angkot berharap pemerintah menegakkan aturan lalu lintas. Mereka menilai banyak angkutan umum dari luar kota yang masuk secara bebas dan mengambil penumpang di jalur mereka.

Sementara itu, Ketua Primkopangda Kota Pasuruan, Mashudi mengakui jika saat ini persaingan transportasi umum memang makin tinggi. Ada banyak opsi moda transportasi umum yang bisa dipilih masyarakat selain angkutan kota.

Primkopangda mencatat jumlah mobil angkutan kota di Kota Pasuruan ada 150 unit. Yang berjalan hanya 75 unit. Sisanya nganggur. Belum lagi soal pendapatan para sopir kini sangat anjlok.

“Kami memang berharap ada solusi-solusi dari pemkot. Misalnya ada program angkutan wisata. Kami mohon nanti kendaraanya dari lokal semua,” ujar Mashudi. (tof/**)