Pasar Karangketug Terbakar Ketiga Kalinya, Puluhan Kios Ludes

257

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kebakaran kembali melanda Pasar Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan Sabtu (23/07/2023). Api melahap puluhan bedak dan kios di pasar.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pasuruan, Samsul Hadi mengungkapkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 22.45 WIB. Angin yang berhembus cukup kencang menyebabkan api dengan cepat membesar.

Lima unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit mobil water supply diterjunkan ke lokasi. Pemadaman membutuhkan waktu satu jam tiga puluh menit.

“Api baru bisa padam pukul 00.30 WIB,” kata Samsul, Minggu (23/07/2023).

Pantauan WartaBromo, lokasi kebakaran berada di komplek bedak dan kios yang berada di sisi selatan los ikan. Garis polisi telah dipasang melingkar di lokasi tersebut.

Baca Juga :   Tips Menghindari Korsleting Listrik Agar Tak Picu Kebakaran

Bangunan bedak dan kios ludes tak tersisa. Barang-barang milik pedagang hangus berserakan di antara tumpukan puing-puing bangunan.

Sebagian bedak yang hangus terbakar adalah bangunan baru. Bangunan tersebut dikerjakan pada tahun 2021, setelah kebakaran besar yang terjadi pada tahun 2020 lalu.

Kabid Pengelolaan Pasar pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Kota Pasuruan, Slamet Riyadi mengungkapkan, ada 48 bedak dan kios yang terdampak kebakaran kemarin malam.

“Rencananya akan pasang tenda darurat lagi. Kalau tendanya tidak cukup, rencananya pinjam BPBD,” ujar Slamet.

Untuk diketahui, peristiwa kebakaran di Pasar Karangketug ini adalah yang ketiga kalinya. Peristiwa yang pertama terjadi pada tahun 2020 di komplek pasar loak. Kemudian pada Februari kemarin, kebakaran kembali melahap puluhan bedak di sisi utara los ikan. (tof/syi)