Asyiknya Jadi Nelayan Pasuruan, Melaut Sambil Dibarengi Hiu Tutul

206

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kawanan hiu tutul kembali muncul di perairan Pasuruan. Kali ini, gerombolan ikan raksasa itu terlihat sejak sepekan yang lalu.

Hiu tutul tersebut diketahui bermutasi dari benua Australia ke Pasuruan hanya untuk mencari makan plankton. Biasa ditemukan pada bulan Agustus, Setember dan Desember.

Gerombolan ikan berukuran raksasa itu menjadi pemandangan tersendiri bagi para nelayan asal Pasuruan. Selain melaut untuk mencari ikan, mereka juga bisa melihat ikan yang bercorak tutul tersebut.

“Sudah terlihat beberapa hari yang lalu, senang liatnya sambil melaut lihat ikan “Kikaki”(hiu tutul). Gerombolan dan berpencar gitu,” kata Muhammad Adi (28), salah satu nelayan asal Panggungrejo, Kota Pasuruan, Senin (31/7/2023).

Baca Juga :   Hiu Paus Terjebak Kanal PLTU, Aktivis Sebut Lalai

Satwa dengan ukuran 5 – 8 meter itu juga berhasil diabadikan oleh petugas Satpolairud Polres Pasuruan Kota saat partroli laut. Satwa pemakan plankton itu diketahui singgah di perairan pasuruan sekitar 1 mil ( 1.850 KM ) dari pantai.

AKP Winardi, Kasat Polairud Kota Pasuruan mengatakan, pihaknya akan terus menjaga satwa yang di lindungi tersebut. Pihaknya juga mengimbau bagi warga maupun nelayan untuk tidak menggangu keberadaan ikan yang juga sering disebut paut itu.

“Kami tetap melakukan pemantauan agar tak diganggu nelayan maupun warga sekitar,” kata Winardi. (don/yog)