Bansos APBD Tahap Dua Cair, Warga Terima Rp600 Ribu Hingga Rp1,2 Juta

232

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ribuan warga miskin di Kota Pasuruan menerima bantuan sosial (bansos) yang bersumber dari APBD. Ini merupakan pencairan tahap dua pada tahun ini.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat mengungkapkan, bantuan disalurkan pada hari Sabtu (29/07/2023) dan Minggu (30/07/2023).

Jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) sebanyak 2.880 KPM, dengan rincian, Kecamatan Bugul Kidul sebanyak 483 KPM dan Kecamatan Panggungrejo sebanyak 1.032 KPM.

Kemudian Kecamatan Gadingrejo sebanyak 676 KPM dan Kecamatan Purworejo sebanyak 689 KPM. Bantuan yang mereka terima berupa uang tunai.

“Bantuan yang mereka terima akumulasi tiga bulan,” kata Kokoh, Selasa (02/08/2023).

Tiga bulan tersebut yakni mulai April hingga Juni dengan besaran bantuan Rp200 ribu tiap bulannya. Kokoh memastikan bantuan yang disalurkan benar-benar kepada mereka yang layak menerima.

Proses verifikasi dan validasinya pun dilakukan secara ketat. Teknologi geotagging digunakan untuk memastikan agar bantuan tersebut tepat sasaran.

Pada penyaluran tahap dua kemarin, ada 29 KPM yang menerima bantuan sebesar Rp1,2 juta. Ini karena pada penyaluran tahap satu KPM tersebut tidak ditemukan ketika verifikasi dan validasi.

“Akhirnya kami mencari lagi alamat yang sekarang bertempat tinggal dan diberikan bansosnya mulai Januari,” ujar Kokoh. (tof/**)