Gus Ipul: Aneh Kalau Ada yang Menolak JLU

201
Walikota Pasuruan, Saifullah Yusuf saat dibacakan surat pernyataan kesanggupan melanjutkan proyek JLU di Kota Pasuruan oleh Aliansi Warga Utara, Kamis (3/8/2023)

Pasuruan (WartaBromo.com) – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengapresiasi aspirasi yang disampaikan Aliansi Warga Utara yang melakukan aksi mendukung Pemkot untuk melanjutkan proyek JLU di Kota Pasuruan yang macet selama hampir 14 tahunan.

Menurut dia, ini merupakan bentuk dukungan terhadap pemkot untuk melanjutkan dan merampungkan proyek pembangunan JLU yang sudah direncanakan sejak 2009 silam.

“Malah buat saya aneh kalau ada yang menolak (JLU) . Buat saya aneh. Tapi meskipun begitu tetap kita dengarkan dan hargai,” kata Gus Ipul.

Proyek pembangunan JLU, lanjutnya, sudah masuk di dalam RPJMD Kota Pasuruan, sehingga bisa dipastikan proyek ini bakal dilanjutkan.

“Prosesnya saat ini mungkin sudah 30 persen. Doakan saja,” kata Gus Ipul.

Baca Juga :   Tekan Inflasi di Kota Pasuruan, Gus Ipul Berikan Bantuan Kepada 3.084 KPM

Saat ini pemkot masih merampungkan kajian AMDAL untuk pembangunan JLU. Setelah itu pemkot harus menyusuri dokumen perencanaan pengadaan tanah (DPPT).

Pembangunan JLU ini diestimasikan membutuhkan biaya hingga Rp1 triliun. Untuk pembiayaannya, pemkot bakal mengajukan proposal bantuan keuangan ke pemerintah pusat.

Untuk diketahui, Sejumlah LSM yang tergabung dalam Aliansi Warga Utara (AWUR) mendukung Pemkot Pasuruan melanjutkan proyek jalan lingkar utara (JLU). Menurut mereka, adanya JLU kelak berdampak pada kehidupan warga pesisir.

AWUR menggelar aksi di depan Kantor Pemkot Pasuruan pada Kamis (03/08/2023). Setelah aksi, mereka kemudian beraudiensi dengan Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), dan Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Rudiyanto. Mereka juga menyodorkan surat pernyataan kesanggupan Pemkot untuk melanjutkan proyek JLU yang akhirnya ditandatangani oleh Walikota Pasuruan, Saifullah Yusuf. (tof/yog)