Fakta-fakta Hingar Bingar Peresmian Gedung Baru RSUD Bangil yang Tuai Kritikan

317
Panggung megah saat peresmian gedung baru RSUD Bangil. Kegiatan ini banjir kritikan karena menghadirkan band musik asal Jakarta.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Peristiwa konser yang digelar di depan RSUD Bangil pada Rabu (2/8/23) malam ramai di perbincangkan warga Pasuruan. Ada beberapa fakta dari peristiwa ini.

Konser ini dianggap tak berperi kemanusiaan karena digelar di depan RSUD Bangil, salah satu RSUD terbesar di Kabupaten Pasuruan.

Dirangkum wartabromo.com, berikut fakta-faktanya:

1. Peresmian Gedung Baru

Konser musik ini dihelat sebagai wujud simbolis karena pemerintah meresmikan gedung baru. Lokasinya  di Jl. Raya Raci, Kecamatan Bangil.

Tak hanya peresmian gedung, momentum tersebut juga sekaligus untuk melaunching logo baru dari RSUD Bangil.

2. Sempat Pindahkan Pasien

Humas RSUD Bangil, M. Hayat mengatakan, acara tersebut telah direncanakan secara matang. Pihaknya telah memastikan konser tidak membuat para pasien yang sedang rawat inap terganggu ataupun bising.

Bahkan, sejumlah pasien baik di IGD maupun ruang rawat inap sempat dipindahkan ke ruang di gedung lain yang dianggap lebih aman dari kebisingan saat acara berlangsung.

Baca Juga :   Gempa 6,2 Magnitudo hingga Jadi Ibu Kota Kabupaten, Bangil Malah Terancam Tenggelam | Koran Online 7 Des

“Untuk di IGD mulai sore sudah kami kondisikan. Sekitar 10 sampai 15 orang (pasien) sudah kami geser,” terangnya.

3. Mendatangkan Band Kotak Asal Jakarta

Berdasar informasi yang dihimpun WartaBromo, salah satu band yang hadir adalah Kotak.

Band yang beranggotakan Tantri Syalindri Ichlasari, Swasti Sabdastantri (Chua) dan Mario Marcella (Cella) manggung sekitar pukul 21.00 WIB.

4. Dimaksudkan Untuk Menghibur para Nakes RSUD

Pihak RSUD Bangil membeberkan alasannya menghadirkan band Kotak saat peresmian gedung baru di halaman rumah sakit.

Humas RSUD Bangil, M. Hayat mengatakan, pandemi yang terjadi dua tahun lalu sedikit banyak menguras energi. Karena itu, kehadiran band Kotak dimaksudkan sebagai hiburan untuk para nakes (tenaga kesehatan).

Baca Juga :   Koran Online 26 Maret : HP Wartawan Dirampas dan Gambar Dihapus saat Liputan di Mapolres Pasuruan Kota, hingga Hujan Es di Bangil

“Karena ada peresmian gedung baru, supaya ada semangat baru, spirit baru,” terangnya.

3. Band Kotak Sempat Minta Potong Song List

Band Kotak sebagai pengisi acara pun mengaku sempat memotong song list saat acara peresmian berlangsung.

“Begitu perform, terpantau team kami di lapangan melaporkan ternyata situasi justru kurang nyaman. Kami langsung memotong set songlist dan rembugan di panggung. Lagu Beraksi pun kami putuskan tidak kami bawakan,” ungkap manajer Kotak Band.

4. Grup Band Kotak Minta Maaf pada Pasien Usai Manggung

Manajemen band Kotak angkat suara terkait kegaduhan hiburan musik pada peresmian gedung baru RSUD Bangil. Band Kotak meminta maaf dan menjelaskan kronologi acara.

“Jadi permohonan maaf ini lahir dari niat murni kita atas pertimbangan kemanusiaan. Jika ada pihak pihak yg kurang nyaman dan tidak berkenan kami mohon maaf yg sebesar-besarnya, meskipun sekali lagi itu bukan tanggung jawab kami, tapi atas dasar rasa empati yg tinggi kami seluruh team Kotak memohon maaf,”

Baca Juga :   Kecelakaan di Jalan Raya Gempol, Seorang Perempuan Tewas

5. Bupati Pasuruan Sebut Bukan Konser

Meski mendapat kritikan, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menegaskan jika acara tersebut bukanlah sebuah konser musik.

“Ini bukan konser, tapi direktur pingin promosi, kedua tasyakuran atas beberapa capaian,” kata Gus Irsyad, usai kegiatan peresmian tersebut.

6. Konser Hanya Dihadiri Pihak Internal

Gus Irsyad, sapaan akrabnya juga mengungkapkan jika acara ini tidak untuk umum. Melainkan untuk pegawai dan tenaga kesehatan dari rumah sakit sendiri.

“Lihat saja tadi yang nonton kan tadi anak-anak rumah sakit sendiri,” lanjutnya. (trj/may)