Gasak Motor di Bantaran, Pria Ini Babak Belur Digebuki Warga

308
Tersangka usai diamankan polisi.

Bantaran (WartaBromo.com) – Seorang maling motor asal Ranuyoso, Lumajang, babak belur diseret warga. Aksi main hakim sendiri dilakukan warga Blok Jebun, Desa Kedungrejo, Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo.

Maling motor itu diketahui bernama Rusman (35). Ia menggasak sepeda motor Honda Vario milik M. Tohir (33), warga warga Blok Jebun, Desa Kedungrejo. Motor matik itu tengah diparkir di dekat rumah tokoh masyarakat setempat.

Kepada penyidik, Rusman mengaku sengaja berangkat dari Ranuyoso, Lumajang ke sekitar Probolinggo dengan menggunakan angkutan umum. Usai urun di sekitar Kecamatan Leces, ia kemudian berjalan kakiĀ  ke sekitar lokasi pencurian.

“Saya lihat kuncinya motor itu masih melekat, saya bawa saja. Ternyata kepergok sama warga yang lain,” katanya, di Mapolsek Bantaran, Kamis (31/08/2023).

Mengetahui itu, warga yang geram karena sering kehilangan motor, langsung marah. Mereka langsung beramai-ramai meringkus pelaku dan menggebukinya.

Dalam video amatir yang beredar, warga sempat memberikan “salam olahraga” berkali-kali. Sampai mukanya babak belur dan benjol di sana-sini.

Kapolsek Bantaran, AKP Sugeng Harianto mengatakan, saat ini pelaku telah diamankan. “Begitu dapat laporan kami langsung ke lokasi amankan pelaku, lalu membawanya ke puskesmas terdekat untuk dapatkan perawatan medis,” katanya.

Kini petugas masih melakukan penyelidikan lebih lanjut. Apakah pelaku beraksi sendiri sesuai pengakuan atau ada orang lain dibelakangnya.

“Kami himbau masyarakat agar tidak main hakim sendiri ketika menangkap pelaku kriminal. Percayakan proses penyelidikan dan proses hukum pada kami,” tandas Sugeng. (lai/saw)