Ini Prakiraan Kualitas Udara di Bangil Seminggu ke Depan, Sabtu Paling Parah!

182
Kualitas udara
Ilustrasi indeks kualitas udara by Istock.

Bangil (Wartabromo.com) – IQ Air merilis prakiraan Indeks Kualitas Udara (AQI) di Bangil selama sepekan ke depan. Hasilnya, hari Sabtu (9/9/2023) diperkiraan kualitas udara di Bangil tidak sehat. 

Berdasarkan data dari IQ Air yang diakses pada Senin, 4 September 2023 pukul 09.00 WIB, indeks kualitas udara menunjukkan warna kuning, dengan angka 97. Artinya bahwa tingkat kualitas udara saat ini berada dalam tingkatan sedang. Konsentrasi P.M5 mencapai angka 34.2* µg/m³.

Namun, perlu diperhatikan bahwa polutan utama PM2.5 di Bangil saat ini mencapai 6.8 kali lipat dari nilai panduan kualitas udara tahunan yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Lalu bagaimana dengan perkiraan kualitas udara di Bangil selama tujuh hari mendatang? 

Berikut adalah prakiraan kualitas udara di Bangil menurut IQ Air:

  • Selasa, 5 September 2023: Kualitas udara berada dalam tingkat sedang (warna kuning) dengan angka 91.
  • Rabu, 6 September 2023: Kualitas udara berada dalam tingkat sedang (warna kuning) dengan angka 84.
  • Kamis, 7 September 2023: Kualitas udara berada dalam tingkat sedang (warna kuning) dengan angka 94.
  • Jumat, 8 September 2023: Kualitas udara berubah menjadi tingkat orange, yang menunjukkan tingkat kualitas udara tidak sehat bagi kelompok sensitif, dengan angka 129.
  • Sabtu, 9 September 2023: Kualitas udara berubah menjadi tingkat merah, yang menunjukkan tingkat kualitas udara yang tidak sehat, dengan angka 151.

Perkiraan ini memberikan gambaran tentang bagaimana kualitas udara di Bangil akan berubah selama tujuh hari kedepan. Penting untuk selalu memantau perkembangan kualitas udara.

Warga Bangil juga disarankan untuk selalu memakai masker apabila diperlukan dan mengambil tindakan yang sesuai untuk melindungi kesehatan dari polusi udara dalam tujuh hari ke depan. Terutama ketika tingkat kualitas udara mencapai tingkat yang tidak sehat. (trs/may)