Bangkai Dua Pesawat TNI AU Belum Bisa Diangkat, Warga Diimbau Waspada Bahan Peledak

132

Pasuruan (WartaBromo.com) – Dua bangkai pesawat TNI AU yang jatuh di wilayah TNBTS, Kamis (16/11/2023) belum berhasil dievakuasi. Pihak TNI AU pun mengimbau warga waspada terhadap bahan peledak di bangkai pesawat.

Kadispen TNI AU, Marsekal Pertama TNI R. Agung Sasongkojati, mengatakan, hingga kini bangkai pesawat masih belum bisa diangkat lantaran medan yang sulit.

“Kemungkinan kami harus memotong pesawat dan mengangkutnya dengan helikopter atau dengan cara lain. Tapi sepertinya kami mengangkutnya dengan helikopter,” papar Agung dilansir dari Kumparan.com, Jumat (17/11/2023).

Lebih lanjut dikatakan, pesawat berjenis EMB-314 Super Tucano itu memiliki bahan peledak yang digunakan untuk mengeluarkan paksa roda darat saat mengalami kecelakaan.

“Bukan peledak senjata, tapi peledak untuk keperluan guna memaksa roda darat keluar kalau terhalang itu menggunakan bahan peledak yang sangat berbahaya,” terang Agung.

Dengan itu, ia mengimbau kepada warga setempat untuk berhati-hati dan tidak mengambil barang atau puing-puing pesawat. Terlebih, bangkai pesawat merupakan barang bukti. (lio/asd)