Gus Ipul Lantik Tim Program OPOP, Kembangkan Ekonomi Pesantren

82
Gus Ipul Lantik Tim Program OPOP, Kembangkan Ekonomi Pesantren

Pasuruan (WartaBromo.com) – Saifullah Yusuf (Wali Kota Pasuruan) mengukuhkan Tim Penguatan dan Pengembangan Program OPOP (One Pesantren One Product) Kota Pasuruan. Tim akan aktif menjalankan program pengembangan kegiatan ekonomi.

Pengukuhan ini dilakukan pada Rabu (29/11/2023) di Pendopo Surga Surgi. Masa bhaktinya mulai 2023 – 2026.

“Pesantren itu harus kramat, sekarang pesantren harus melek teknologi melek ekonomi, jangan sampai kramatnya hilang jadi urusan agamanya harus tetap ada dalam rangka urusan dakwah maka kita perlu sumber daya yang lain yang mendukung ekonomi,” ujarnya

Program ini merupakan strategi pemerintah Jawa Timur untuk pengembangan ekonomi pesantren. Salah satunya dengan melibatkan pihak ketiga seperti Shopee untuk mendorong ekspor lebih mudah.

Baca Juga :   Instalasi Pengolah Lumpur Tinja di Kota Pasuruan Senilai Rp 7M Rampung

“Ajakan pelatihan santri siap ekspor dalam kesempatan ada 1.000 santri untuk mengikuti santri siap ekspor dengan produk yang memenuhi syarat untuk ekspor,” lanjutnya.

Meski tidak 100 persen berhasil, setidaknya ada 10 persen yang bisa meraup keberhasilan dari usaha rintisan ini.

“Kalau ada usaha rintisan sukses 10 saja itu sudah luar biasa. Jadi OPOP ini perlu bekerja keras dengan program yang ada ini bila ada 10 sd 20 persen yang sukses itu luar biasa untuk program ini memang melatih orang orang yang sudah berproduksi,” lanjutnya.

Gus Ipul berharap, kepengurusan yang baru bisa menyusun program dengan baik. Supaya program bisa berjalan dengan optimal.

Baca Juga :   Pelajari Penerapan Smartcity, Diskominfotik Kota Pasuruan Studi Banding Ke Diskominfo Kabupaten Badung

“Saya bahagia karena OPOP ini telah dilantik dan pengurus bisa langsung bekerja,” tandasnya. (may/**)