Proyek Tol Probowangi Dapat Pinjaman Rp 7 Triliun

284

Probolinggo (WartaBromo.com) – Pengelola Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) menerima suntikan dana segar melalui fasilitas kredit sindikasi dari Bank Himbara, Bank Daerah, dan Lembaga Pembiayaan Infrastruktur senilai Rp7,396 triliun.

Kredit sindikasi tersebut diberikan kepada PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB), anak perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, untuk mendukung pembangunan Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap I Segmen Gending-Besuki dengan tenor 15 tahun.

Proyek ini terdiri dari tiga paket dengan total panjang 49,68 kilometer. Tahap I Jalan Tol ini mencakup Paket 1 Gending-Kraksaan (12,88 Km), Paket 2 Kraksaan-Paiton (11,20 Km), dan Paket 3 Paiton-Besuki (25,60 Km).

Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga, M. Agus Setiawan, mengatakan bahwa dukungan perbankan menjadi kunci keberhasilan proyek ini. “Proyek ini akan meningkatkan konektivitas Jalan Tol Trans Jawa di sisi timur Pulau Jawa,” ujarnya seperti yang dikutip dari laman Antara.

Baca Juga :   Juragan Bangunan Dirampok Kawanan Bertopeng hingga Pilkades Serentak Probolinggo Digelar Februari 2022 | Koran Online 9 Sept

Konstruksi Segmen Gending-Besuki telah dimulai sejak Februari 2023. Hingga awal November 2023, progres paket 1 mencapai 31%, paket 2 mencapai 15%, dan paket 3 mencapai 6%.

“Dalam menjalankan seluruh proses bisnis, kami berkomitmen untuk mengimplementasikan tata kelola perusahaan yang baik,” kata Direktur Utama PT JPB Adi Prasetyanto.

Mereka juga berusaha memanfaatkan komponen Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebanyak mungkin, termasuk menggunakan sumber daya lokal dalam pekerjaan dan penyediaan tenaga kerja, peralatan, serta bahan dalam negeri.

Jalan tol Probowangi akan terhubung dengan jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) yang telah beroperasi, dengan Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) mencapai 13.000 kendaraan per hari.

Jalan tol Probowangi Tahap I Segmen Gending-Besuki akan memiliki tiga Gerbang Tol (GT) di Kraksaan, Paiton, dan Besuki, serta dua rest area di Sta 33+650 dalam kedua arah, Probolinggo dan Besuki.

Baca Juga :   Lima Pegawai Positif Covid-19, Pengadilan Agama Kraksaan Lockdown

Proyek ini juga akan dilengkapi dengan tiga simpang susun, yaitu Simpang Susun (SS) Kraksaan, SS Paiton, dan SS Besuki. Diperkirakan dapat memangkas waktu tempuh Probolinggo-Besuki dari sekitar 1 jam 15 menit menjadi 30 menit dengan kecepatan rata-rata 80-100 Km/jam.

Jalan tol Probowangi merupakan bagian integral dari Jalan Tol Trans Jawa. Menghubungkan ujung barat hingga ujung timur Pulau Jawa.

Proyek ini dikelola oleh PT JPB sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), dengan Jasa Marga memiliki 94,93% saham, PT Brantas Abipraya (Persero) 5%, dan PT Waskita Toll Road 0,07%. (saw/saw)