Peringati Hakordia, Pemkab Probolinggo Ajak Semua Elemen Komitmen Berantas Korupsi

99

Kraksaan (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Probolinggo menegaskan komitmennya dalam upaya pemberantasan korupsi dengan menggelar peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2023 di auditorium Madakaripura kantor Bupati Probolinggo pada Rabu (13/12/2023).

Dalam acara yang dihadiri oleh Heri Sulistyanto, Penjabat Sekda mewakili Pj Bupati Probolinggo, Ketua DPRD Andi Suryanto Wibowo, sejumlah Forkopimda dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Serta kepala desa di Kabupaten Probolinggo.

Plt Inspektur Santiyono mengawali sambutan dengan menyampaikan bahwa Hakordia ini sebagai wujud implementasi Surat Edaran Bupati Nomor 100 tahun 2023. Serta imbauan penyelenggaraan kegiatan Hakordia 2023 dari KPK.

“Mari kita bersama-sama menggelorakan dan memasyarakatkan semangat anti korupsi untuk Indonesia maju,” ujar Santiyono.

Baca Juga :   Hujan Lebat Selama Sepekan Bakal Guyur Lumajang-Pasuruan, hingga Sayembara Tangkap Tahanan Kabur Berhadiah Rp3 Juta | Koran Online 7 Jan

Pj Sekda Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto, menekankan bahwa semangat memberantas korupsi harus ditanamkan dalam hati. Ia mengajak semua pihak untuk selalu berdzikir, mengingat bahwa kematian dapat datang kapan saja.

“Banyak godaannya, tapi jika kita berdzikir, nanti ketika kembali kepada Yang Kuasa, maka kita tidak akan membawa apa-apa. Oleh sebabnya, ayo korupsi kita hindari,” tambahnya.

Ketua DPC Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Kabupaten Probolinggo, Supriyanto menyambut baik ajakan dari Pemkab Probolinggo untuk berkomitmen memberantas korupsi.

Mengingat pemerintah desa (pemdes) saat ini mengelola keuangan yang besar, berupa dana desa (DD). Rentan terjadi penyalahgunaan pengelolaan keuangan.

“Tidak hanya desa, tapi semua lini rentan terjadinya korupsi. Maka kemudian sangat penting dan perlu kita edukasi dalam pertemuan-pertemuan Papdesi,” tutur pria yang sudah 3 periode menjadi Kepala Desa Sumberlele, Kecamatan Kraksaan itu.

Baca Juga :   Denda Tak Bawa E-Tol, Pihak Tol Paspro : Sudah Ada Imbauan

Pada kesempatan tersebut, 5 OPD mendapatkan penghargaan atas inovasinya dalam mencegah korupsi. Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), Satpol PP, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Dinas Perikanan, dan Pemerintah Kecamatan Sukapura diapresiasi atas kontribusinya.

“Ini tahun pertama, semoga ke depan OPD-OPD lain dapat terus meningkatkan inovasinya dalam memberantas korupsi,” harap Heri Sulistyanto. (adv/saw)