Ziarah Makam Mbah Ratu Bangil, Ma’ruf Amin Pamitan di Akhir Masa Jabatan

274

Bangil (WartaBromo.com) – Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin berziarah ke makam Mbah Ratu atau Syarifah Khotijah pada Jumat (22/12/2023) sore. Kepada tuan rumah, ia juga berpamitan di akhir jabatannya.

Wapres Ma’ruf menuju Makam Mbah Ratu atau Syarifah Khotijah itu sekitar pukul 14.30 WIB. Ma’ruf didampingi sejumlah tokoh agama dari Kabupaten Pasuruan.

Abu Bakar Assegaf mengatakan, kunjungan Ma’ruf Amin kali ini adalah untuk menunaikan nazarnya. Dimana Ma’ruf pernah bernazar saat awal menjadi Wakil Presiden Jokowi.

“Abah KH. Ma’ruf Amin pernah tak ajak ziarah kesini. Dia bilang, bib kalau saya jadi di akhir jabatan saya akan datang ke makam Syarifah Khotijah lagi,” kata Bakar, saat menemani orang nomor 2 di Indonesia itu ziarah ke makam Mbah Ratu.

Baca Juga :   Kecelakaan Maut di Bromo hingga 3 Anak di Pasuruan Meninggal Karena Gagal Ginjal Akut | Koran Online 25 Okt

Menurutnya, Ma’ruf Amin adalah salah satu keluarga dari Syarifah Khotijah. Diketahui, Syarifah Khotijah adalah buyut dari Wakil Presiden RI tersebut.

“Mbah buyut Kh. Ma’ruf Amin Syarif Hidayatullah Cirebon. Dia ngomong kalau itu mbah buyut saya,” ujar tokoh agama sekaligus tuan rumah yang menjamu Rais Aam PBNU ke-10 itu.

Sekedar diketahui, Wakil Presiden RI telah melakukan kunjungan di wilayah Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Diawali salat Jumat di Masjid Agung Jamik Bangil. Kemudian, dilanjutkan dengan pertemuan para toko agama di Gedung Diponegoro, Kelurahan Bendo Mungal, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. (don/saw)