Pengunjung Membludak, TNBTS Tambah Kuota di Kawasan Bromo Tengger Semeru

77

Probolinggo (WartaBromo.com) – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) menambah kuota kunjungan wisata ke kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS) selama liburan natal dan tahun baru (Nataru).

Menurut Ketua Tim Data Evaluasi Pelaporan dan Humas BB TNBTS, Hendra, kuota kunjungan wisata meningkat menjadi 3.500 per hari. Naik sebanyak 748 orang dari sebelumnya 2.752.

“Namun, penambahan ini tetap memperhatikan daya tampung kawasan BTS,” katanya, Selasa (26/12/2023).

Hendra menjelaskan bahwa alokasi kunjungan wisatawan mencakup berbagai titik, seperti 161 di kawasan Bukit Cinta, 510 di Bukit Kedaluh, 262 di Mentigen, 1.046 di Gunung Penanjakan, dan 1.512 di Sabana.

Ia menyebut keputusan ini, mulai berlaku sejak 24 Desember 2023. Sebagai respons terhadap tingginya animo wisatawan yang ingin mengunjungi area tersebut.

Baca Juga :   Masya Allah! Tempe Antarkan Kakek-Nenek Ini ke Tanah Suci Makkah

Sejalan dengan penambahan kuota, BB TNBTS juga meningkatkan pengamanan dengan bantuan dari TNI dan Polri. Hendra menekankan fokus pengamanan untuk mengatasi lonjakan kunjungan, terutama dalam mengatur arus kendaraan di jalur masuk.

Hendra memberikan imbauan kepada wisatawan yang berencana mengunjungi BTS agar memperhatikan kondisi kesehatan pribadi, mengingat musim hujan diperkirakan sudah dimulai.

Selain itu, para pengunjung diingatkan untuk mematuhi aturan yang berlaku. Termasuk melakukan pemesanan online sebelum kunjungan.

Saat berada di kawasan BTS, wisatawan diingatkan untuk tidak membawa senjata api atau peralatan berburu, melarang perusakan atau vandalisme fasilitas wisata. Pengunjung juga dilarang membuat api unggun atau perapian yang dapat menimbulkan kebakaran.

Baca Juga :   Terduga Pelaku Pembunuhan di Tiris Ditembak Polisi

“Kepada seluruh pengunjung yang beraktivitas di dalam kawasan TNBTS, dimohon untuk bisa mengikuti aturan yang berlaku,” tegas Hendra.

Hingga periode 20 September hingga 20 November 2023, BB TNBTS mencatat total 40.954 kunjungan wisatawan, dengan 38.186 merupakan wisatawan nusantara dan 2.768 wisatawan asing.

Hendra menegaskan harapannya agar seluruh pengunjung dapat mentaati aturan yang berlaku demi menjaga kelestarian dan keselamatan di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. (lai/saw)