Kado Akhir Tahun, Puluhan Kades Terpilih Segera Dilantik

340

Pasuruan (WartaBromo.com) – Puluhan kepala desa (kades) terpilih pada gelaran Pilkades Serentak 2023 di Kabupaten Pasuruan mendapat ‘kado’ manis. Di penghujung tahun 2023 ini, mereka bakal segera dilantik sebagai kepala desa.

Pelantikan sendiri nantinya akan dipimpin langsung oleh Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto. Acara sakral tersebut bakal digelar pada Jumat (29/12/2023).

Hari ini, panitia menggelar gladi bersih bersama puluhan kades tersebut di gedung Mpu Sendok Kantor Graha Maslahat Pemkab Pasuruan.

“Sekarang gladi bersih supaya besok acara berlangsung lancar,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pasuruan, Ridho Nugroho, Kamis (28/12/2023).

Ridho mengungkapkan, persiapan untuk acara pelantikan kades terpilih harus matang. Misalnya memilih siapa 2 orang kades terpilih yang nanti bakal menjadi perwakilan dan diambil sumpahnya.

Baca Juga :   Kabupaten Pasuruan PPKM Level 2, Vaksinasi Tak Lagi di Kecamatan Tapi Ke Desa - Desa

Ia menyebut, tanggal 29 Desember dipilih lantaran pada tanggal itulah masa berakhirnya jabatan kades yang lama. Sehingga saat masa jabatan kades yang lama berakhir, langsung diisi oleh kades yang baru.

“Jika pelantikan dimajukan sehari, akan menjadi masalah. Jika dimundurkan sehari, maka harus mengangkat penjabat sementara,” imbuh Ridho.

Ridho menambahkan, ada 46 kades terpilih yang bakal dilantik nanti. Adapun rinciannya, 30 di antaranya adalah wajah baru dan 16 merupakan petahan alias incumbent. Tiga dari 46 kades terpilih adalah kades perempuan.

Ketiga kades itu adalah Sunariyah dari desa Nogosari Pandaan. Lalu, Sumiyati asal Rebono Kecamatan Wonorejo dan Hanik Mualifatul Ulum asal Desa Patebon Kecamatan Kejayan. (tof**)