Ini Perbedaan Es Oyen dan Es Teler, Bolo Harus Tahu

143

Pasuruan (WartaBromo.com) – Indonesia mempunyai ragam kuliner lokal yang menyegarkan dan cocok disantap saat cuaca panas seperti es oyen dan es teler. Kedua es ini sekilas nampak sama tetapi ternyata punya perbedaan.

Nah, kalau Bolo termasuk pecinta es maka Bolo harus tahu nih perbedaan es teler dan es oyen biar tidak salah pesan lagi. Penasaran?

Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Es Teler

Es teler, minuman yang sering ditemukan di Kota Kembang, memiliki ciri khas dengan adanya potongan alpukat di dalamnya. Selain itu, es teler ini juga memadukan kelapa muda, nangka, sirup, santan, gula cair, dan es serut atau es batu.

Baca Juga :   Ngopi Bonus Ngonten, Ini 3 Rekomendasi Cafe Instagramable di Kota Pasuruan

Meskipun mirip dengan es buah, es teler memiliki variasi yang lebih kaya. Tidak hanya mengandung potongan buah, tetapi kadang-kadang juga ditambahkan cincau, kolang-kaling, pacar cina, potongan apel, pepaya, sawo, melon, roti, dan agar-agar.

2. Es Oyen

Es oyen, juga berasal dari Bandung, memiliki kesamaan isi dengan es campur. Perbedaan antara keduanya terlihat pada warna; es oyen menggunakan sirup coco pandan sehingga memiliki warna merah muda, sementara es teler atau es campur berwarna putih.

Selain itu, proses pembuatan es oyen mirip dengan es teler yang menggunakan santan di atas es serutnya. Jadi, jika ingin menikmati sensasi es campur dan es teler secara bersamaan, pesanlah es oyen!. (jun)