Rawan Kecelakaan dan Kriminalitas, Polisi Cek Jalan Rusak dan Lampu Penerangan di Jalur Pantura

155

Pasuruan (WartaBromo.com) – Tekan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di jalur pantura, personel Satlantas Polres Pasuruan Kota bersama Dishub Provinsi dan Dishub Kota Pasuruan melakukan pengecekan di sejumlah titik jalan yang mengalami kerusakan, Rabu (10/1/2024).

Lubang jalan yang ditandai dimulai dari area terminal baru di Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan. Kemudian mengarah ke timur, yakni Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan.

Selain mengecek jalan rusak, petugas juga memeriksa lampu penerangan jalan di beberapa titik, seperti di Rejoso, sebelah barat rel kereta api Mangkrengan, di depan Patal Grati, dan di wilayah Sedarum, Nguling.

Kegiatan itu dilatarbelakangi keluhan warga terkait kecelakaan dan kriminalitas di area Pantura. “Kegiatan ini dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan dan kriminalitas di jalur pantura,” kata AKP Agus Prayitno, Kasatlantas Polres Pasuruan Kota.

Baca Juga :   Update Covid-19 Kota Pasuruan: Sudah 13 Pasien Sembuh

Polisi mencatat adanya peningkatan kejadian laka lantas. Tercatat sebanyak 515 kejadian laka lantas di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota, meningkat dari tahun 2022 yang berjumlah 413 kejadian.

Pada tahun 2023, terdapat 653 orang korban laka lantas yang mengalami luka ringan, 13 orang luka berat, dan 75 orang meninggal dunia.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terjadi peningkatan 24,7% pada kejadian laka lantas, 32,2% pada korban luka ringan, 30% pada korban luka berat, sementara korban meninggal dunia mengalami penurunan sebesar 36,4%. (don/saw)